Damsid : Gaji Guru Honorer SMA Bukan Tanggunjawab Pemprov Sultra – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Sulawesi Tenggara

Damsid : Gaji Guru Honorer SMA Bukan Tanggunjawab Pemprov Sultra

Ilustrasi

kendaripos.fajar.co.id — Pengalihan guru SMA ke Pemerintah Provinsi Sultra menyisahkan “duka” bagi para guru yang masih berstatus honorer. Pasalnya nasib mereka menjadi tak tentu saat ini. Kebijakan sekolah ada dibawah kendali provinsi namun pemberian honor bagi mereka masih mengandalkan keuangan internal sekolah.

“Sudah sering saya katakan bahwa yang dialihkan itu hanya guru PNS saja, kalau honorer tidak ikut serta, sehingga mereka bukan tanggung jawab kami dalam urusan gaji karena kita tidak punya anggaran untuk itu,” jelas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra, Damsid.

Dia mengaku pemerintah saat ini  ada dalam posisi dilema. Sebab disatu sisi banyak sekolah SMA yang ada di pelosok. Sehingga, jasa honorer sangat berperan untuk tetap menjalankan aktifitas pembelajaran. “Kadang satu sekolah itu guru PNS hanya satu dua orang saja, kalau tidak ada guru honorer sekolahnya tidak jalan,” katanya.

Dilain pihak lagi, gaji honorer yang dulunya sebagian bersumber dari dan komite kini sudah tidak dibenarkan sekolah memungut dana komite itu. Maka satu-satunya sumber gaji mereka hanya bertumpu pada dana bos. “Dana bos itu hanya 15 persen, bagaimana kalau honorernya banyak itu yang jadi masalah,” tambahnya.

Dikbud kata dia sudah memiliki data jumlah honorer di lingkup SMA. Ada sekitar 3000 guru lebih yang masih aktif mentransfer ilmu di sekolah-sekolah. “Kita tidak suruh berhentikan mereka, tapi kita larang untuk menambah honorer untuk saat ini, saat ini memang belum ada solusi,” tandasnya. (ely)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top