Pelindo Kendari Prediksi Lonjakan Penumpang Mulai H-7 – Kendari Pos Online
Iklan DPRD Koni Sultra
Metro Kendari

Pelindo Kendari Prediksi Lonjakan Penumpang Mulai H-7

KENDARIPOS.CO.ID — Meski perayaan Idul Fitri masih dua pekan lebih lagi, namun gejala lonjakan penumpang sudah terlihat di beberapa pelabuhan di Kendari. Di Pelabuhan Nusantara misalnya, Jumat pagi kemarin penumpang, pengantar dan penjemput sudah memadati area pelabuhan menunggu kapal yang akan tiba dan berangkat siang hari. Meski begitu, kondisi tersebut masih dianggap normal oleh pihak pelabuhan.

General Manager PT Pelindo IV Kendari, Muhammad Irfan mengatakan berdasarkan koordinasi dengan beberapa stakeholder di ketahui lonjakan penumpang dipredikasi akan terjadi mulai H-7 lebaran. “Hasil koordinasi kita, kepadatan penumpang ini akan terjadi H-7. Perkiraan kita kenaikan 5-10 persen akan terjadi di pelabuhan ini,” ujarnya, Jumat (9/6) kemarin.

Untuk tetap memberikan pelayanan mudik yang tertib,  pengelolaan wilayah pelabuhan akan diperketat. Dalam hal ini mulai seminggu jelang lebaran itu, kawasan dalam pelabuhan hanya milik penumpang petugas dan buruh pelabuhan saja. Pengantar dan penjemput tidak diperkenankan berada di dalam. “Pintu kedatangan dan keberangkatan juga akan dipisah, baik di Pelabuhan Nusantara maupun di Pelabuhan Rakyat,  supaya tidak berbaur penumpang turun dan yang akan naik,” tambah Muhammad Irfan di ruang kerjanya.

Bukan hanya itu, pihaknya juga sudah menggenggam komitmen perusahaan pelayaran yang tak akan menjual tiket melebihi dari jumlah kursi dalam kapal. “Soal kapasitas penumpang berlebih juga sudah akan diantisipasi oleh KSOP, jelas hanya yang memiliki tiket yang bisa masuk dalam kapal,” ungkap Muhammad Irfan.

Antisipasi lain lanjut dia, pihak pelayaran juga sudah menyiapkan armada tambahan untuk mengantar penumpang berlebih dari jadwal kapal normal. “Perlu juga diketahui, mulai H-7 itu jadwal keberangkatan akan berubah. Kalau sudah penuh langsung berangkat, tidak ada istilah nanti pukul 07.00 atau pukul 13.00 wita lagi,” tandasnya. (ely/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
To Top