Mahasiswa IAIN Kendari Pelatihan Toefl – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Edukasi

Mahasiswa IAIN Kendari Pelatihan Toefl

Suasana layanan pendaftaran seleksi lokal IAIN Kendari, Dok/KP

kendaripos.fajar.co.id — Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari secara konsisten melakukan pembinaan bahasa asing kepada mahasiswa. Penguasaan bahasa internsional menjadi sasaran utama dalam meningkatan soft skill mahasiswa yang berdaya saing di era globalisasi. Salah satu program peningkatan kualitas bahasa asing adalah melalui pelatihan Toefl setiap tahun.

Kepala UPT Bahasa IAIN Kendari, Fahmi Gunawan mengatakan, pelatihan yang rutin dilaksanakan atas pertimbangan bahwa mengikuti test dan memperoleh skor Toefl tinggi merupakan sebuah tuntutan yang sangat dibutuhkan oleh kalangan akademisi. Baik dalam rangka mengembangkan keilmuan dan bersaing di dunia maupun dalam proses pengajuan beasiswa. “Bahkan bahasa Inggris sebagai basis test Toefl sudah menjadi prasyarat bagi setiap orang yang menguasai keilmuan dan mendapatkan peluang kerja baik secara nasional maupun internasional,” ungkap Fahmi.

Kata dia, untuk memperoleh nilai yang memenuhi syarat standar Toefl, tidak hanya ditentukan oleh penguasaan bahasa Inggris secara teori, tetapi penting juga menguasai trik dan metode tertentu dalam menghadapi test. Toefl test preparation adalah sebuah agenda yang disiapkan untuk menjadi sarana belajar trik dan metode dalam rangka mewujudkan nilai kelulusan Toefl. “Meski tidak ada jurusan bahasa Inggris disini, tetapi bahasa internasional itu menjadi second language atau bahasa kedua di IAIN Kendari. Ditambah dengan bahasa Arab yang kerap digunakan seluruh mahasiswa dalam berkomunikasi dengan sesama mahasiswa atau dengan dosen,” katanya.

Oleh karena itu, lanjut Fahmi, melalui kegiatan pelatihan Toefl sebagai test preparation, mahasiswa IAIN Kendari diharapkan dapat mengembangkan penguasaan bahasa Inggris  dan mampu memperoleh sertifikat Toefl sebagai prasyarat memperoleh beasiswa, melanjutkan pendidikan, memperoleh kesempatan kerja di luar negeri dan berbagai kepentingan lainnya.

Selain pelatihan Toefl bagi mahasiswa, UPT Bahasa juga melaksanaan pembinaan bahasa Inggris, baik bagi dosen maupun karyawan. “Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan pendidikan yang berstandar internasional terutama setelah IAIN Kendari membuka kerjasama dengan berbagai institusi luar negeri dan menerima mahasiswa asing,” pungkasnya. (ima/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top