Pemkot Kendari Tawarkan Mudik Gratis, Sediakan Enam Armada Bus Trans Lulo – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Metro Kendari

Pemkot Kendari Tawarkan Mudik Gratis, Sediakan Enam Armada Bus Trans Lulo

kendaripos.fajar.co.id — Tradisi mudik selalu mewarnai aktivitas masyarakat jelang lebaran. Pemerintah sudah mengidentifikasi jalur-jalur padat. Untuk itu, Pemkot Kendari menyiasati dan membantu warganya yang hendak mudik dengan menyediakan enam bus Trans Lulo. Pemudik bisa memanfaatkan secara gratis. Warga bisa mudik bersama Pemkot Kendari.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Kendari ditunjuk menjadi pengelola kegiatan amal itu melalui mudik gratis bersama Pemkot Kendari. Kepala Dishub, Ali Aksa mengatakan mudik gratis tersebut sesuai dengan instruksi Menteri Perhubungan yang dimaksudkan untuk membantu meringankan beban masyarakat. “Kita upayakan ada mudik gratis nanti, sesuai arahan Menhub. Sifatnya membantu masyarakat saja, kita gratiskan nanti,” ujar Ali Aksa, Rabu (7/6/2017).

Mudik gratis tersebut, kata mantan Kadis PU Kota Kendari tersebut diupayakan akan melayani rute Kendari-Torobulu. Pasalnya, jalur tersebut ditengarai menjadi rute paling padat yang dilalui pemudik dari masyarakat yang umumnya menuju wilayah Muna dan sekitarnya. “Hanya saja kita sesuaikan dengan kondisi jelang lebaran nanti. Kalau padat, tidak menutup kemungkinan kita antar sampai Torobulu,” ungkapnya.

Setiap armada bus itu berkapasitas 40 penumpang. Dengan estimasi kapasitas itu maka sekira 240 pemudik dapat terlayani dalam sehari. “Sebenarnya target kita lebih banyak, tapi berhubung hanya enam unit yang bisa, maka mungkin sebatas kapasitas itu saja,” tukas Ali Aksa.

Nantinya, layanan mudik gratis tersebut akan dibuka sepekan sebelum lebaran. Dishub akan memusatkan layanannya di area Lawata, Mandonga agar memudahkan masyarakat yang ingin menjangkau mudik gratis tersebut. “Lima atau enam hari sebelum lebaran kita buka layanan mudik gratis,” papar Ali Aksa.

Hanya saja, kata Ali Aksa, rencana mudik gratis tersebut nantinya menyesuaikan dengan ketersediaan bahan bakar yang akan digunakan. Jika pasokannya minim, maka mudik tersebut akan dikenai tarif minim. “Kita sesuaikan dengan bahan bakar yang ada. Kalaupun berbayar, maka hanya untuk beli bensin saja,” tambahnya.

Lebih jauh dirinya berpesan kepada masyarakat yang akan mudik lebaran untuk memilih kendaraan yang kondisi laik jalan. Itu untuk menghindari potensi terjadinya kecelakaan dan jatuhnya korban jiwa. “Kita imbau agar masyarakat bisa mudik dengan aman dan nyaman maka pilihlah kendaraan umum yang bagus. Itu untuk menghindari yang tidak diinginkan,” pungkasnya. (Alfin)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top