Dinkes Sultra Siapkan Posko Mudik Disetiap Terminal – Kendari Pos Online
Iklan DPRD Koni Sultra
Sulawesi Tenggara

Dinkes Sultra Siapkan Posko Mudik Disetiap Terminal

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Kesehatan (Dinkes) Sultra ikut berpartisipasi untuk memberikan kenyamanan bagi para pemudik idul fitri. Dinkes menyiapkan satu Posko Kesehatan. Posko kesehatan ditempatkan dilokasi yang strategis untuk melayani para pemudik yang membutuhkan pelayanan kesehatan. Posko kesehatan Dinkes disiapkan disetiap terminal.

Kepala Dinkes Sultra, dr. Asrum Tombili mengatakan bahwa pelayanan kesehatan tersebut pun akan dimulai dari H-7 lebaran dan H+7 lebaran. “Posko itu kita akan tempatkan dibeberapa titik penting. Tentunya di terminal darat dan laut, serta udara juga namun tidak signifikan jadi kita hanya pusatkan ke darat dan laut,” ujar dr.Asrum Tombili saat ditemui di kantor DPRD Sultra, Selasa (6/6).

Untuk jumlah posko, dr.Asrum tak dapat memastikan. Pasalnya, untuk persiapan jelang arus mudik pun masih akan dibahas secara internal. “Pada prinsipnya semua terminal akses pemudik kita akan dirikan posko kesehatan guna menjamin layanan kesehatan bagi masyarakat,” tuturnya.

dr. Asrum mengungkapkan, menghadapi arus mudik nantinya kesehatan para sopir yang akan menjadi prioritas. Memasuki arus mudik nantinya, seluruh sopir khususnya antar provinsi dan antar kabupaten akan dilakukan pemeriksaan kesehatan.
“Hal ini diperuntukan untuk mengurangi angka kecelakaan. Jika dalam pemeriksaan nanti sopir tidak memenuhi syarat untuk mengemudi seperti kelelahan, atau pun sakit kita akan meminta untuk istirahat sejenak di posko yang telah disediakan,” katanya.

Kehadiran posko juga diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat yang sedang melakukan mudik. “Jika sewaktu-waktu di terminal mengalami gangguan kesehatan langsung saja ke posko kesehatan terdekat,” pungkasnya. (yog/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
To Top