Puluhan Paket Proyek Pemprov Sultra Belum Dilelang – Kendari Pos Online
Iklan DPRD Koni Sultra
Sulawesi Tenggara

Puluhan Paket Proyek Pemprov Sultra Belum Dilelang

KENDARIPOS.CO.ID — Biro Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (PBJP) Provinsi Sultra kini menyisakan 30 dari 384 paket proyek yang belum tayang di pelelangan barang dan jasa tahun ini. Sementara ada 224 paket yang sudah dinyatakan tuntas dalam proses lelang bahkan pula penandatanganan kontrak. Sementara 30 lainnya saat ini masih dalam proses tawar menawar kontrak itu.

Hal itu diungkapkan Kepala Biro PBJP Provinsi Sultra, Roni Yakob. Dia mengatakan dari jumlah RUP (Rational Unified Process) 384 paket itu, progres lelang saat ini sudah mencapai 66,15 persen. “Itu kalau progres terhadap RUP. Sedangkan kalau lelang terhadap usulan SKPD yang mencapai 290 paket, progresnya itu sudah 87,59 persen, karena tinggal 36 paket usulan yang belum selesai,” jelasnya.

Bukan hanya progres yang sudah melewati angka setengah, pemerintah juga mampu mengefisienkan anggaran hingga mencapai angka Rp 10 miliar. Jauh lebih tinggi dari angka saving tahun-tahun sebelumnya. Diketahui, total pagu anggaran atau nilai kontrak untuk 254 paket itu yakni Rp 450 miliar lebih. Sedangkan nilai yang terlelang hanya sekira Rp 491 miliar. “Pemerintah bisa saving anggaran Rp 10 miliar dari paket yang sudah terlelang itu, kemungkinan masih bisa bertambah karena masih ada paket yang masih proses,” ungkap Roni Yakob.

Beberapa paket yang masih dalam proses lelang saat ini lanjut mantan Pj Bupati Muna Barat itu, yakni paket yang melekat di Dinas Perkebunan dan Hortikultura, Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan, dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi. “Kalau yang dari tiga dinas itu semuanya dari APBN, itu nilai kontraknya puluhan miliar juga,” imbuhnya.

Masih kata Roni, semua proyek itu dilelang secara terbuka dan akuntabel. Tidak ada intervensi dari pemerintah terkait siapa yang pantas memenangkan tender. Sebab proses itu dilakukan melalui online. Bahkan transparansi itu juga sudah diakui oleh beberapa lembaga pusat bahkan Sultra dinyatakatan yang terbaik dari 34 provinsi yang melakukan lelang melalui online itu. (ely/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
To Top