Kadis Dikbud Sultra Apresiasi Journalism Zetizen Kendari Pos – Kendari Pos Online
Jalan Sehat

pariwara
Iklan Jalan Sehat Kenpos Iklan 10 Iklan 23
Edukasi

Kadis Dikbud Sultra Apresiasi Journalism Zetizen Kendari Pos

Kadis Dikbud Sultra, H. Damsid (ketiga dari kiri)

kendaripos.fajar.co.id — Ratusan siswa SMA/serajat dari 24 sekolah se Kota Kendari mengikuti Ramadan Camp Journalism Zetizen Kendari Pos di Aula Graha Pena, kemarin (5/6). Kegiatan yang digelar dalam rangka memperkenalkan dunia tulis menulis kepada generasi muda ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra, H. Damsid yang didampingi Direktur Kendari Pos, La Ode Diada Nebansi dan Pemred Arifuddin Mangka. Turut hadir sebagai pemateri, Kepala Biro Umum, Keuangan dan Kepegawaian UHO, La Ode Rafiudin.

Saat memberikan sambutan, Damsid memberikan mengapresiasi atas terselenggaranya Ramadan Camp Jounalism Kendari Pos. Menurut dia, kegiatan yang digagas Zetizen Kendari Pos sangat bernilai edukatif, khususnya dalam hal literasi. “Kegiatan ini sejalan dengan program Kementerian Pendidikan yakni gerakan literasi, menulis dan membaca,” ungkap Damsid.

Makanya, mantan Dekan Fisip UHO menghimbau kepada seluruh siswa yang ikut kegiatan agar memanfaatkan momentum ini dengan baik. Kedepan, kegiatan ini diharapkan bisa menjadi kegiatan tahunan Dikbud Sultra bekerjasama Kendari Pos.

Siswa dan siswi saat berada diruang redaksi Kendari Pos.

“Saya kira ini sangat positif. Kalau memungkinkan, ini diagendakan menjadi ivent tahunan. Karena sesuai dengan program literasi Kemendiknas,” jelasnya.

Menurut dia, banyak manfaat bagi siswa kalau bisa menulis. Tentu, dibarengi dengan gerakan membaca. Hal senada juga dengan yang telah diterapkan saat ini di sekolah-sekolah yakni setiap pagi sebelum proses belajar terlebih dahulu diadakan kegiatan literasi, membaca dan menulis.

Kemudian, apa yang dalam pikiran itu juga bisa dituangkan dalam sebuah tulisan, ide baru, motivasi bahkan bisa saja menjadi hal positif untuk masyarakat dan bangsa.

Suasana siswa dan siswi di Aula Kendari Pos.

Ia juga berharap, kegiatan yang dilaksanakan di bulan Ramadan ini bisa bernilai positif. Disamping itu mendapatkan pengalaman inspiratif, dan spritual. Bahkan, jika mengikuti dengan baik, maka bisa saja Kendari Pos mempertimbangkan untuk merekrutnya menjadi wartawan. “Manjada wa jada. Siapa yang bersungguh-sungguh akan tumbuh menjadi luar biasa,” ujarnya.

Mengenai program Zetizen National Challenge 2017, dia juga nilai sangat positif sekali. Kata dia, Challenge tersebut juga adalah mengupload aksi positif melalui website dampaknya juga untuk diri sendiri, lingkungan dan masyarakat umum. Bahkan menjadi inspirasi bagi anak muda khususnya siswa lainnya.

Kepala Biro Umum, Keuangan dan Kepegawaian UHO Ode Rafiudin memberikan materi.

“Saya kira challenge itu sangat menarik dan bisa diikuti oleh siswa. Apalagi bisa menjadi alpha atau perwakilan Sultra ke New Zealand,” jelasnya.

Kepala Biro Umum dan Kepegawaian UHO, Rafiuddin juga mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurut dia, kegiatan yang digelar di bulan Ramadan sangat bernilai positif. Disamping itu, juga memberikan dampak yang edukatif kepada siswa. Yakni, belajar jurnalistik di UHO.

“Saya sangat suka ada kegiatan Ramadan Camp Journalism Zetizen Kendari Pos. Karena Ilmu jurnalistik diajarkan langsung oleh ahlinya (Wartawan Kendari Pos) yang sangat profesionalis. Bahkan saya sendiri pun belum tahu ilmu jurnalistik ini. Apalagi ada Zetizen, semacam komunitas untuk anak muda yang siap mewadahi generasi muda saat ini,” katanya.

Direktur Kendari Pos, La Ode Diada Nebansi mengatakan Ramadan Camp ini bermanfaat  dan bernilai ibadah. Sebab, siswa akan mendapatkan pengetahuan terkait jurnalistik dari media terbesar di Sultra ini.

“Kerja-kerja jurnalis dari wartawan perlu kiranya diketahui. Misalnya, bagaimana kerja wartawan dalam mewawancarai kepala sekolah, ataupun mewawancarai tokoh masyarakat dan partai politik. Itu akan diajari,” jelasnya saat memberikan sambutan.

Kegiatan ini didukung oleh beberapa lembaga. Seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra, Universitas Halu Oleo (UHO), PT. Pegadaian Cabang Kendari, PT Sharp, PT. Telkomsel, Bank Muamalat, dan Hasjrat Abadi. (b/wan)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top