Sekolah Wajib Penuhi Syarat Ini Jika Ingin Dana BOS Tahap Dua Dicairkan – Kendari Pos Online
Iklan DPRD Koni Sultra
Edukasi

Sekolah Wajib Penuhi Syarat Ini Jika Ingin Dana BOS Tahap Dua Dicairkan

KENDARIPOS.CO.ID — Penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk SMA dan SMK triwulan pertama telah tuntas April lalu. Kini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara, tinggal menunggu Surat Pertanggungjawaban (SPJ) pengelolaan dana BOS tahap pertama dari setiap sekolah. SPJ itu sebagai syarat administrasi pencairan dana BOS untuk triwulan kedua. “Kita belum bisa pastikan kapan (pencairan), karena itu tergantung SPJ yang triwulan pertama. Itu dulu harus disetor,” ujar Damsid, Kepala Dikbud Sultra.

Penyerahan berkas-berkas pertanggungjawaban itu lanjut Damsid harus dipastikan sudah lengkap lalu diserahkan ke Dikbud Sultra. Agar pada saat pemeriksaan data-data tidak terdapat kekurangan yang dapat menghambat pencairan dana BOS tahap dua. “Misalnya kwitansi. Itu penting sekali. Dulu tidak harus pakai itu, tapi sekarang sudah wajib ada, makanya perlu diperhatikan oleh sekolah,” tambahnya.

Mantan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UHO itu menambahkan dana BOS untuk tahap dua itu sudah tersedia di kas daerah, tinggal diproses administrasi saja. Namun sekali lagi ia tidak memprediksi kapan dana operasional sekolah itu akan cair kecuali semua kelengkapan berkas telah terpenuhi. “Banyak mekanisme penyaluran dana BOS itu yang berubah, makanya kita berharap sekolah juga menguasai itu,” tukasnya.

Terkait mekanisme yang semakin ketat itu lanjut dia seharusnya tidak ada lagi penyelewengan dana BOS. Dia juga ikut menyesalkan kasus Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang terjadi di Muna belum lama ini. Namun dia kini sudah menyerahkan proses itu ke ranah hukum. “Sekarang saya sudah peringati ke staf dan kepala sekolah, jangan sampai kasus di Muna terulang lagi, kalau tidak maka jelas sanksinya ada,” imbuh Damsid.

Untuk menghindari itu masih kata Damsid sudah ada pengawas yang terdiri dari pihak keamanan untuk memonitor penyaluran dan pengelolaan dana BOS yang sejatinya diperuntukan untuk membantu sekolah. (ely/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
To Top