Polda Sultra Lelang Ribuan Barang Bukti Kayu Ilegal di KPKNL Kendari – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Hukum & Kriminal

Polda Sultra Lelang Ribuan Barang Bukti Kayu Ilegal di KPKNL Kendari

Penyidik Subdit IV Tipiter Polda saat melihat barang bukti kayu yang sudah dilelang.

kendaripos.fajar.co.id — Proses hukum dugaan illegal logging masih berjalan dan belum ada satupun putusan pengadilan bersifat inkracht (berkekuatan hukum tetap) namun barang buktinya sudah dilelang. 2.411 batang kayu hasil sitaan Polda Sultra dilelang di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Kendari. Penyidik melaksanakan pelelangan sesuai hasil koordinasi dengan pihak kejaksaan.

Dalam perkara kayu ilegal itu, terdapat tiga tersangka yakni Yunding, Zaenuddin dan oknum polisi, Brigadir Yus Mangkiding. Selain tuntas melengkapi berkas Yunding dan Zaenuddin, penyidik subdit IV Tipiter Ditreskrimsus Polda Sultra telah menyerahkan dua tersangka tersebut ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sultra. Sementara, berkas Brigadir Yus Mangkiding masih diteliti Jaksa.

Direktur Ditreskrimsus Polda Sultra, Kombes Wira Satya Triputra mengatakan proses lelang telah dilakukan beberapa  waktu lalu dan saat ini dua ribuan batang kayu tersebut sudah diserahkan kepada pemenang lelang bernama Salmawaty. Kombes Wira menyebutkan berdasarkan tahapan lelang, pemenang menyetujui harga sebesar Rp 137.592.000.
“Jadi, duit hasil lelang kami serahkan ke kas negara untuk dipergunakan oleh negara,” ujar Kombes Wira, kemarin.

Selama kasus ini bergulir, Kombes Wira menegaskan tak pernah main-main dengan kasus tindak pidana ilegaal logging.  Dia menyebutkan para pelaku ilegall logging mesti ditindak secara menyeluruh. Kalau perlu, jangan hanya penindakan, tapi juga langkah pencegahan. Polisi bisa berkoordinasi dengan Dinas Kehutanan, untuk mempersempit ruang gerak para pelaku illegal logging.

Proses hukum tersangka Yunding dan Zainuddin tinggal menunggu jadwal persidangan. Karena perkara tersebut terjadi di wilayah hukum Konawe Utara, maka proses persidangan dijalankan di Pengadilan Unaaha.”Kita tunggu saja proses hukumnya. Intinya berkas keduanya sudah dinyatakan lengkap. Sementara Brigadir Yus, berkasnya masih  dalam penelitian jaksa,” ungkap Kombes Wira Satya Triputra. (ade/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top