Sehat, Tersangka Dugaan Korupsi Cetak Sawah di Muna Dijebloskan ke Rutan – Kendari Pos Online
Iklan DPRD Koni Sultra
Hukum & Kriminal

Sehat, Tersangka Dugaan Korupsi Cetak Sawah di Muna Dijebloskan ke Rutan

Kasipenkum Kejati Sultra, Janes Mamangkey.

KENDARIPOS.CO.ID — Penyidikan dugaan korupsi cetak sawah tahun 2013 di Kabupaten Muna sempat terhenti lantaran tersangkanya sakit. Kejari Muna kembali melanjutkan proses penyidikan perkara cetak sawah setelah tersangka La Ode Aziz Jabar alias Acil dipastikan sehat dan langsung ditahan, Rabu (31/5) malam lalu. Kejari Muna melimpahkan Acil ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sultra malam itu juga dan langsung dijebloskan di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIA Kendari.

Kasipenkum Kejati Sultra, Janes Mamangkey, SH membenarkan penahanan La Ode Aziz Jabar alias Acil. Acil menyusul dua tersangka yang sudah ditahan sebelumnya, yakni La Hafuna selaku Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) proyek ini dan Larekesi. “Tersangka (Acil) sempat sakit, olehnya itu baru dilakukan penahanan. Penyidikan akan dilanjutkan dan jaksa akan memeriksa Acil sebagai tersangka dan dilengkapi berkasnya untuk segera dilimpahkan,” ujar Janes Mamangkey, di ruang kerjanya, Jumat (2/6) kemarin.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Muna, Badrut Taman mengatakan pihaknya sejak awal menunggu tersangka datang di Kejari Muna untuk menyerahkan diri setelah kesehatannya membaik. Namun beberapa hari di nanti, tersangka dugaan korupsi proyek cetak sawah dengan anggaran Rp 500 juta itu, tak juga hadir. Berbekal informasi bahwa tersangka sedang berada di kapal penyerabangan menuju Kendari, tim Kejari segera bergerak. “Kami jemput tersangka di kapal cepat dan kami bawa tersangka di Kejati untuk penahanan,” ujar Badrut Tamam, Kajari Muna.

Ketiga tersangka ini diduga melakukan tindak pidana korupsi cetak sawah seluas 50 hektar di Desa Nihi Kabupaten Muna, yang kini telah mekar menjadi Kabupaten Muna Barat. Biaya cetak sawah pada setiap hektar mencapai Rp 10 juta, namun dalam realisasinya tidak sesuai. (kmr/ery/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
To Top