Gubernur Sultra Lantik Kepala SKPD dan Ratusan Kepala Sekolah – Kendari Pos Online
Iklan DPRD Koni Sultra
Sulawesi Tenggara

Gubernur Sultra Lantik Kepala SKPD dan Ratusan Kepala Sekolah

Suasana pelantikan di Rujab Gubernur Sultra. Foto : Elyn/KP

KENDARIPOS.CO.ID — Setelah melewati proses seleksi yang begitu ketat, Pemprov Sultra akhirnya menemukan birokrat terbaik untuk memimpin Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang lowong.

Tiga kepala dinas, satu kepala biro diumumkan sebagai ‘jawara’ asesmen yang dimulai sejak Maret lalu. Jumat siang (2/6/2017), mereka diambil sumpahnya bersama dengan ratusan kepala sekolah SMA/SMK sederajat dan pengawas.

Menariknya, empat kepala SKPD itu semuanya adalah pelaksana tugas (Plt kepala dinas dan kepala biro yang dijabat sebelumnya. Artinya, acara pengambilan sumpah di aula Sangia Nibandera Rumah Jabatan Gubernur kemarin hanya mendefinitifkan posisi mereka saja.

Mereka adalah Kepala Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang, Pahri Yamsul, Kepala  Dinas Perumahan Rakyat dan Pemukiman, Dr. Marten Efendy Patulak, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Jaya Bakti dan Kepala Biro Organisasi, Haris Lamarundu.

Gubernur Sultra menyampaikan empat nama yang dipilihnya itu memang tiga besar  sesuai dengan yang diusulkan oleh Panitia Seleksi (Pansel). “Saya percaya asesmen ini sangat selektif, karena hasilnya juga menurut saya cukup baik,” ujar Nur Alam, Jumat (2/6) kemarin. Sehingga kepada mereka yang tidak terpilih diminta jangan berkecil hati. Sebab, rezeki sudah ada yang atur kata gubernur dua periode itu.

Sementara itu mengenai jumlah kepala sekolah sebanyak 100 orang yang dilantik, diingatkan pula untuk meninjau ulang program kerja di sekolahnya agar sinkron dengan visi dan misi Pemerintah Provinsi Sultra.

Ditegaskan Nur Alam, dalam pengangkatan dan reposisi kepala sekolah itu bebas dari intervensi dirinya sebagai gubernur.  “Tidak ada isyarat apalagi instruksi dari saya untuk memilih kepala sekolah sesuai dengan kemauan pribadi saya. Bahkan dari 100 yang saya lantik ini sepertinya hanya lima orang yang saya hafal mukanya,” ungkapnya.

Masih kata suami dari Tina Nur Alam itu, pengangkatan itu juga bersih dari praktik sogok menyogok. “Kalau ada yang membayar saya ganti dua kali lipat, ayo mengaku,” tantangnya.

Diakhir sambutannya, pasangan Saleh Lasata itu menyampaikan harapan pribadinya agar disetiap kunjungan kerjanya di daerah, para kepala sekolah itu juga ikut menyambutnya.

Untuk diketahui, pelantikan itu Berdasarkan Surat Keputusan  D gubernur  Sultra Nomor 270 Tahun 2017 dan  Nomor 280 Tahun 2017  yang ditandatangani gubernur pertanggal 31 Mei lalu. Turut hadir dalam pelantikan, Sekretaris Provinsi Sultra, Lukman Abunawas, Kepala BKD Sultra Nur Endang Abbas dan jajaran SKPD lainnya. (ely/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
To Top