Fakta Miris Yana Zein, Ayah Ibunya Berdebat soal Islam atau Kristen – Kendari Pos –
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Selebritas

Fakta Miris Yana Zein, Ayah Ibunya Berdebat soal Islam atau Kristen

kendaripos.fajar.co.id. AKTRIS Peran, Yana Zein meninggal dunia pada Kamis (1/6/2017) kemarin.

Yana Zein menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Mayapada pukul sekitar pukul 01.05 WIB.

Ia meninggal pada usia ke 44 tahun. Pemeran film susuk pocong  ini meninggalkan 2 putrinya yang kini masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama.

Kepergian Yana Zein cukup membuat pilu. Ada sejumlah fakta-fakta yang membuat miris. Dari kehabisan biaya pengobatan, hingga kehabisan biaya pengurusan jenazah. Tak hanya itu,  ada perdebatan antara Ayah Yana Zein dan sang Ibunda jelang pemakaman.

Sebelum meninggal, Yana Zein menjalani pengobatan kanker payudarahnya di China. Yana Zein menjalani pengobatan kanker payudara stadium 4 tepat di Rumah Sakit Modern Guangzhou, China.

Pengobatan di China makan biaya hampir sebesar Rp 1 Miliar. “Biaya pengobatan Yana di Tiongkok Rp 1 miliar tapi kami tidak masalah asalkan anak saya bisa sembuh,” kata Ibunda Yana, Swetlana sambil terisak.

Setelah menjalani pengobatan berbulan-bulan di China, Yana Zein dipastikan sembuh. Ia pun dipulangkan ke tanah air dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta, pada Minggu (28/5/2017) siang.

Kepada wartawan, Yana Zein yakin telah sembuh 80%. Ia bahkan terlihat berdiri dari kursi rodanya dan berjalan.

Namun, nasib berkata lain. Hanya beberapa hari di Indonesia pasca kepulangannya. Ia dikabarkan tak sadarkan diri hingga menghebuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Mayapada, Jakarta Selatan.

Jenazah Yana Zein sempat diterlantarkan akibat kehabisan biaya. Keluarganya tak mempunyai biaya untuk membeli peti mati kepada almarhum. Hal inilah yang membuat jenazah Yana Zein dibiarkan di Rumah Sakit Maya Pada beberapa waktu lalu.

Tepat pada Jumat (2/6/2017), Ayah Yana Zein, Nurzaman Zein  pun muncul dan terjadi perdebatan dengan Ibunya, Swetlana.

Nurzaman Zein ngotot ingin pemakaman Yana Zein dilakukan secara Islami. Menurutnya Yana Zein merupakan seorang Muslim karena sejak lahir dilakukan dengan cara Islam yakni mendengarkan suara azan di telingnya.

“Jadi saya ke sini baru datang dari Sumatera dan niat saya adalah mengembalikan aqidah anak saya kembali ke Islam. Saya mau memakamkan anak saya secara Islam supaya dia masuk surga, ” kata Nurzaman. (2/6/2017).

“Saya adzankan telinga dia (waktu lahir) dan saya ajarkan dia puasa dan mengaji. Kalau anak saya meninggal masuk Kristen itu nihil, saya ke sini datang dari Sumatera langsung ke sini, niat saya untuk mengembalikan anak saya dari Kristen menjadi Islam,” kata Nurzaman dengan nada tinggi.” sambungnya dengan nada tinggi.

Lain sisi, sang Ibunda Swetlana juga tetap bersikukuh ingin prosesi pemakaman Yana Zein berjalan secara Kristen mengikuti agamanya. Ia juga merasa mempunyai hak atas Yana Zein, sebab selama ini jasanya dalam membesarkan putrinya itu.

“Saya ibunya, saya punya bukti kalau KTP dia Kristen. Waktu sakit keras, Yana bilang ‘tolong kalau ada apa-apa, saya mau dikuburkan secara Kristen’. Agama semua sama, saya kira Yana berhak memilih. Yana juga ada tanda tangan sendiri kalau dia jadi Kristen,” ungkap Swetlana.

“Kamu enggak pernah urus anak saya. Kamu tinggalkan anak saya. Kamu istrinya sepuluh. Kamu enggak pernah urus,” Katanya sambal menjerit.

Akhirnya pada keputusan terakhir, jenazah Yana Zein dimakamkan secara Islami mengikuti Ayahnya.

Namun begitu, sang ibu terlihat histeris ketika jenazah Yana Zein dibalut kain kafan. Histerisnya memecah isi ruangan saat ayat suci Alquran dilantunkan di hadapan jenazah Yana Zein.

Yana Zein disalatkan di Masjid baiturrahman dan dimakamkan di TPU Kampung Kandang, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Jumat (2/6). (dal/fajar)

 

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top