Anggaran Pembangunan Sarana Olahraga Porprov di Kolut Enjel – Kendari Pos Online
Iklan DPRD Koni Sultra
Olahraga

Anggaran Pembangunan Sarana Olahraga Porprov di Kolut Enjel

Ketua KONI Kolut, Nur Rahman Umar.

KENDARIPOS.CO.ID — Tahap penimbunan lokasi pembangunan stadion sepakbola telah dituntas sejak tahun lalu. Namun hingga kini, belum ada tanda-tanda proyek pembangunan tempat pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIII di Kabupaten Kolaka Utara dimulai. Padahal waktu pengerjaannya sudah semakin sempit. Tahun depan, pelaksanaan ivent olahraga se-Sultra ini akan digelar.

Pemkab dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI)  Kolut pun dibuat bingung. Alokasi anggaran yang dijanjikan Pemprov Sultra belum jelas. Pasalnya, proses pembahasannya masih harus dikoordinasikan dengan DPRD Sultra. Pada pembahasan APBD perubahan, alokasi anggarannya baru akan dibahas.

“Saat ini, kami belum ada kepastian anggaran dari Pemprov Sultra. Namun usulannya akan diwujudkan di anggaran perubahan. Makanya, kami terus minta kejelasan. Kalau memang tidak mau menurunkan bantuan pendanaan maka bisa jadi kejuaraan sepak bolanya akan dilakukan di kabupaten lain,” kata H Nur Rahman Umar, Ketua KONI Kolut.

Namun ia tetap optimis alokasi anggaran yang dijanjikan bakal direalisasikan. Pada pelaksanaan Porprov sebelumnya, anggarannya selalu dikucurkan.  “Jika tidak direalisasikan, maka akan tidak adil. Kok,  giliran Kolut ditunjuk tuan rumah namun tidak diberikan perhatian serupa. Kita sudah beberapa kali meminta ke pemprov selaku penanggung jawab karena setahu saya setiap iven serupa selalu dikucurkan bantuan pendanaan itu namun kita di sini belum ada sama sekali,” katanya.

Beberapa waktu lalu, KONI Sultra juga sudah melakukan peninjauan lokasi serta melihat fasilitas olahraga lainnya yang sudah rampung. Pemkab Kolut juga sudah bersiap diri jika memang anggaran sudah ada namun tidak mencukupi maka bersiap membantu mencukupinya melalui dana APPBD. “Karena Porprov 2018, maka dana tersebut harus ada tahun ini,” tegas Nur Rahman.

Bila tahun ini dana sudah tersedia kata dia, masih ada peluang pengerjaan pembangunan stadion dikebut. Dengan melabeli proyek multiyear, pengerjaannya bisa dirampung pada Mei 2018. Tidak hanya sekedar bangunan semata, ada beberapa fasilitas pendukung yang harus dibangun. Seperti lampu penerangan, pengaspalan jalan, lahan parkir dan lainnya harus siap sebelum difungsikan.

“Misalkan kalau dana jelas, soal rumput stadion saja akan saya persiapkan tanam di lahan kosong dari sekarang dan tinggal digulung saat dipindahkan nanti. Karena kalau dadakan jangan sampai baru dipasang langsung dipakai main kan terhambur rumputnya karena ini bukan asal sulap,” pungkasnya. (b/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
To Top