Wow…Sembilan Daerah di Sultra Raih WTP, Kepala BPK : Penilaian Ini Murni – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Sulawesi Tenggara

Wow…Sembilan Daerah di Sultra Raih WTP, Kepala BPK : Penilaian Ini Murni

kendaripos.fajar.co.id — Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sultra menyerahkan hasil audit Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2016 kepada sembilan daerah, Selasa (30/5). Hasilnya, semua daerah itu dapat penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Penyerahan LKPD dilakukan dua sesi. Kota Baubau, Kabupaten Buton, Kolaka, Kolaka Utara dan Bombana disesi pertama. Sedangkan Kota Kendari, Konawe, Konawe Selatan dan Wakatobi sesi kedua.

Hasil penilaian diserahkan oleh Kepala BPK Perwakilan Sultra, Drs. Widiyatmantoro dan diterima kepala daerah masing-masing. LKPD tersebut diserahkan Pemda Maret lalu, kemudian selama 60 hari diaudit BPK. Akhirnya, diperoleh hasilnya seperti itu. Semua dapat predikat WTP atau opini terbaik dalam pengelolaan keuangan.

“Saya pastikan, semua penilaian ini murni sesuai ketentuan perundang-undangan berlaku. Opini WTP yang mereka dapatkan sesuai dengan kondisi riil hasil audit LKPD masing-masing daerah,” kata Widiyatmantoro, Kepala BPK Perwakilan Sultra usai menyerahkan hasil LKPD kepada para kepala daerah, kemarin (30/5).

BPK Sultra dalam menjalankan proses pemeriksaan, lanjut dia, sangat menjunjung tinggi asas tranparansi dan obyektivitas pemeriksaan. Menurutnya, selama menjabat di BPK Sultra, belum sekalipun lakukan praktek tidak jujur dalam memberikan hasil penilaian.

“Alhamdulilah, selama kami memeriksa tidak ada satu pun juga oknum dari Pemda yang mencoba mempengaruhi penilaian kami,” jelasnya. Hal itu karena, pihaknya menerapkan Standar Oprating Procedure dengan ketat. “Hotel, kendaraan, konsumsi petugas kami selama melakukan pemeriksaan di daerah saja sudah diatur dengan ketat. Apalagi mau coba main jual beli WTP itu, sangat mustahil,” tegasnya.

Untuk itu, dirinya berharap masyarakat tidak usah berprasangka buruk terhadap hasil pemeriksaan BPK Sultra. Dalam artian, predikat WTP yang diraih Pemda di Sultra sudah sangat teruji dan akuntabel. “WTP ini sudah sangat murni hasil kinerja Pemda. Kita apresiasi mereka. Soal isu itu (jual beli jabatan), saya pastikan sekali lagi tidak terjadi disini,” katanya.

1 of 3

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top