Daerah Banjir Bertambah di Sultra, Status Tanggap Darurat Diperpanjang – Kendari Pos –
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Sulawesi Tenggara

Daerah Banjir Bertambah di Sultra, Status Tanggap Darurat Diperpanjang

kendaripos.fajar.co.id — Curah hujan yang tinggi menyebabkan beberapa daerah terendam banjir. Status tanggap darurat bencana banjir di Sultra kembali diperpanjang. Sepekan terakhir tiga kabupaten dilaporkan juga terkena bencana banjir. Kini sudah delapan kabupaten total daerah yang digenangi air hujan. Meskipun beberapa diantaranya mulai surut dan berangsur normal.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Boy Ihwansyah mengatakan beberapa kabupaten diantaranya memang mulai kondusif namun tetap dalam status waspada sebab curah hujan yang masih tinggi. “Contohnya Kendari hari ini mulai kondusif tetapi tetap masih harus diwaspadai, hujan turun dalam intensitas sedang tapi dalam waktu yang lama, sehingga ancaman banjir masih selalu ada,” ujar Boy Ihwansyah, Selasa (30/5).

Boy menambahkan Pemprov Sultra telah melakukan langkah taktis untuk menangani bencana tersebut. Disamping mengevakuasi korban, BPBD juga
akan segera melaporkan situasi tersebut ke pemerintah pusat. Tujuannya agar Sultra mendapat dana DSP atau dana kedaruratan dari pusat. “Saya sudah instruksikan BPBD di kabupaten kota untuk melaporkan data bencana ke provinsi dan membuat SK tanggap darurat selanjutnya diikuti dengan SK transisi darurat,” jelasnya.

Modal itulah yang akan menjadi syarat turunnya bantuan dana dari pusat. Sampai saat ini baru tiga kabupaten yang menyerahkan laporan dan data bencana yakni Muna Mubar dan Konawe Utara. “Setelah data-data itu terkumpul kita akan duduk bersama untuk membicarakan apa kebutuhan kita yang paling mendesak, dan bisa kita penuhi dengan bantuan pusat itu,” paparnya.

Dana kedaruratan itu kata Boy Ihwansyah, bisa dibelanjakan secara fleksibel. Misalnya, pembuatan infrastruktur darurat seperti jembatan kayu, atau bantuan peralatan hidup korban bencana banjir. “Saya tidak bisa prediksi berapa, karena laporan belum rampung semua,” tandasnya. (ely/b)

Banjir di Delapan Kabupaten
Kendari 10 kecamatan
Konawe 12 kecamatan
Konut 6 kecamatan
Konkep 7 kecamatan
Konsel 4 kecamatan

Terbaru
Butur 5 kecamatan
Muna Barat 7 Kecamatan
Muna 3 kecamatan

Sumber : BPBD Sultra

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top