Berkas Pemalsu Dolar Senilai Rp 4 Miliar di Sultra Rampung – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Hukum & Kriminal

Berkas Pemalsu Dolar Senilai Rp 4 Miliar di Sultra Rampung

Para pelaku pemalsu uang dolar di Sultra menjalani proses hukum.

kendaripos.fajar.co.id — Penyidik Subdit II Ditreskrimsus Polda Sultra menuntaskan berkas tiga tersangka pengedar uang palsu (upal) dolar yang ditangkap di bandara Halu Oleo 4 Mei lalu. Penyidik sudah memeriksa sejumlah saksi-saksi dan telah merampungkan berkas, Sahrudin (41) oknum dosen,  Siswanto (51) dan Pabottinggi (47). Berkas ketiga tersangka ini, telah dinyatakan rampung, sehingga penyidik berkesimpulan untuk mengirim berkas ketiganya ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sultra, untuk segera diteliti.

Barang bukti lainnya seperti, uang palsu rupiah dan dolar Amerika telah diamankan. Begitupula kendaraan roda empat berjenis KIA Picanto milik tersangka Sahrudin sudah disita. Kendaraan tersebut digunakan membawa uang palsu tersebut ke bandara.

Kasubbid PID Humas Polda Sultra, Kompol Dolfi Kumaseh, mengatakan penyidik telah menggali keterangan ketiga tersangka dan diketahui duit-duit palsu itu dicetak Kota Cimahi, Jawa Barat. “Hari ini (kemarin-red), berkas ketiganya masuk tahap I. Sudah kita tuntaskan. Ketiganya juga masih menjalani penahanan,”kata Kompol Dolfi, Selasa (30/5) kemarin.

Bekas ketiga tersangka masih perlu penelitian jaksa. Jika dianggap tuntas, maka proses hukum selanjutnya akan tahap II atau pelimpahan berkas, tersangka dan barang buktinya. Tahap II dilakukan apabila jaksa menyatakan berkas telah P21 (lengkap). “Perkembangan selanjutnya, nanti kami sampaikan,” ujar Kompol Dolfi Kumaseh.

Sekadar mengingatkan, kasus pemalsuan duit dolar Amerika senilai Rp 4 miliar itu terungkap saat akan diselundupkan ke Jakarta. Alat deteksi X-Ray di bandara Halu Oleo mendeteksi benda mencurigakan dalam tas Siswanto (51) dan juga Pabottinggi (47), yang belakangan ditetapkan tersangka.  Saat tas digeledah, petugas menemukan 2.899 lembar pecahan seratus dolar Amerika palsu. Nah, berbekal temuan itu, pihak bandara lalu melakukan berkoordinasi dengan Lanud HLO dan Polda Sultra.

Dari hasil pengembangan, dua pelaku yang ditangkap menyebut nama Sahrudin. Polisi bergerak cepat dan menangkap Sahrudin. Dari tangan Sahrudin, 88 lembar duit pecahan 100 dolar AS,  satu lembar pecahan 50 dolar AS, satu lembar pecahan 20 dolar AS, 101 uang pecahan Rp 100 ribu, satu unit alat deteksi uang dan 11 lembar uang mainan pecahan Rp 100 ribu. (ade/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top