Begini Kondisi Warga Saat Poso Diguncang Gempa 6,6 SR – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Nasional

Begini Kondisi Warga Saat Poso Diguncang Gempa 6,6 SR

kendaripos.fajar.co.id — Gempa bumi tektonik sebesar 6,6 skala richter (SR) telah mengguncang Poso, Sulawesi Tengah. Kejadian ini menyisakan cerita sendiri bagi warga yang bermukim di Kota Palu, ibu kota Sulteng. Ketika itu sedang hujan, dan Sulteng diguncang gempa sebanyak tiga kali. Gempa pertama sebesar 6,6 SR, lalu disusul dua kali gempa 5,0 SR berikutnya.

Seorang warga Kota Palu Barat, Jalan Mangga, bernama Nasrah yang dikonfirmasi IniKata (FAJAR Group) menceritakan, saat kejadian Kota Palu kala itu sedang dilanda hujan lebat. Pada saat bersamaan gempa pertama terjadi dengan kekuatan 6,6 SR sesuai rilis BMKG. “Saat itu semua orang berlarian keluar dari rumah, dan saat itu hujan deras, dalam rumah juga terasa naik perahu saat gempa,” kata wanita yang akrab disapa Caca.

Sementara itu, di Kota Poso, ketika gempa 6,6 SR mengguncang, gedung tua Kantor BNI 46 Cabang Poso ambruk. Bangunan itu terletak di jalan Yos Sudarso, Kelurahan Bonesompe, Poso. Meski bukan bangunan utama, namun ambruknya bangunan Bank BNI Poso itu sempat membuat warga sekitar panik, berhamburan keluar rumah. Menurut pemerintah setempat, bangunan tua itu sudah tidak digunakan, sedangkan bangunan baru Bank BNI Poso tidak apa-apa.

Gempa bumi 6,6 SR itu terjadi pada kedalaman 10 KM pada 1.33 LS – 120.41 BT dengan titik gempa pada 38 KM BaratLaut Poso, Sulawesi Tengah. Gempa ini terjadi sekitar pukul 21.35 WIB atau 22.35 WITA, Senin malam (29/5/2017). BMKG dan BNPB melansir bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Meski tidak sampai membuat rumah warga rusak parah, namun guncangan gempa itu membuat sejumlah barang berserakan. Beberapa barang jualan di salah satu swalayan di Poso juga ikut berhamburan akibat guncangan gempa. Gempa kedua dan ketiga yang dirilis BMKG berkekuatan 5,0 SR juga terjadi hal yang sama, warga kembali keluar rumah untuk menghindari terjadi reruntuhan yang diakibatkan gempa. Dua gempa susulan itu terjadi tak lama setelah gempa pertama. Belum ada laporan korban jiwa akibat gempa itu dari pihak yang berwenang. Semoga semuanya baik-baik saja. (azhari/inikata/pojok/fajar)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top