Mahasiswa FHIL UHO Dilatih Menulis Proposal – Kendari Pos Online
Jalan Sehat

pariwara
Iklan Jalan Sehat Kenpos Iklan 10 Iklan 23
Edukasi

Mahasiswa FHIL UHO Dilatih Menulis Proposal

Peserta pelatihan penulisan proposal penelitian berfoto bersama dengan para pemateri. Salah satunya dengan Ketua Konsentrasi Budidaya Hutan FHIL-UHO, Prof. Dr. Hj. Husna. Foto : Waode Ismawati/Kendari Pos

kendaripos.fajar.co.id — Setiap mahasiswa di level perguruan tinggi wajib menyusun proposal penelitian. Proposal penelitian merupakan dasar bagi mahasiswa untuk melaksanakan penelitian. Namun, fenomena umum yang dihadapi mahasiswa adalah pemahaman proposal dan bagaimana menyusunnya masih sangat terbatas.

Dengan demikian, pemahaman dan penguasan teknik penyusunan proposal oleh mahasiswa perlu ditingkatkan. Peningkatan kapasitas mahasiswa dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan menyelenggarakan pelatihan penulisan. Hal inilah yang dilakukan pihak Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan (FHIL) Universitas Halu Oleo, tanggal 27 Mei 2017 di laboratorium fakultas tersebut.

Koordinator Konsentrasi Budidaya Hutan, Prof.Dr.Hj. Husna,MP., mengungkapkan pelatihan mahasiswa Konsentrasi Budidaya Hutan,Jurusan Kehutanan FHIL bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang proposal dengan baik. Kegiatan ini, sekaligus sosialisasi panduan proposal dan skripsi FHIL.

“Pelatihan proposal penelitian mahasiswa ditetapkan berdasarkan hasil pertemuan dosen dan mahasiswa lingkup konsentrasi Budidaya Hutan Jurusan Kehutanan. Kami menyadari kegiatan ini sangat penting bagi mahasiswa mengingat selama ini kemampuan menulis mereka masih sangat terbatas. Alhamdulillah pelatihan ini diikuti antusias oleh 35 mahasiswa,” terang Prof Husna.

Pelatihan proposal penelitian mahasiswa FHIL ini menghadirkan sejumlah pemateri, yakni Prof Husna yang tampil membawakan materi tentang pengertian dan sistematika proposal penelitian. “Selain memberikan tentang apa proposal, penjelasan sistematika proposal, diantaranya pendahuluan, tinjauan pustaka, metode penelitian dan daftar pustaka. Pemahaman yang benar itu sangat penting sehingga kedepan saat menulis skripsi atau penelitian ilmiah lainnya, mahasiswa tidak memiliki kendala penulisan yang berarti. Mereka pun siap berkompetisi mengikuti dalam penelitian yang dibiayai Kemenristekdikti,” tambah perempuan yang aktif dalam berbagai kegiatan penghijauan ini.

Intinya, lanjut dia, penyusunan proposal harus diarahkan untuk menjawab tiga pertanyaan, yaitu kenapa penelitian dilakukan, bagaimana penelitian dilakukan dan manfaat yang akan diperoleh dari penelitian tersebut. Pemateri lainnya, Dr. Danu Tuheteru, MP., membahas daftar pustaka yang merupakan komponen penting dalam penyusunan proposal. “Pustaka dibutuhkan di Pendahuluan, Tinjauan Pustaka, metode. Beberapa sumber pustaka yang dijadikan acuan dalam penulisan peneltian, seperti Jurnal, paten, buku teks serta book chapter. Semua pustaka diteks harus ditulis di faftar pustaka,” tandas Danu. (ima/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top