Kementerian PUPR Pilih Konawe, Terapkan Program Sanimas dan TPS 3R – Kendari Pos Online
Iklan DPRD Koni Sultra
Konawe

Kementerian PUPR Pilih Konawe, Terapkan Program Sanimas dan TPS 3R

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa.

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten Konawe menjadi salah satu mitra Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam mewujudkan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) dan Tempat Pengolahan Sampah dengan Pola Reduce, Reuse, dan Recyle (TPS 3R). Hal itu setelah kabupaten yang dinahkodai Kery Saiful Konggoasa lakukan penandatanganan perjanjian kerjasama (PKS) dengan Direktorat Jenderal Cipta Karya, Sabtu (27/5). Ada 46 kepala daerah dilibatkan dalam program ini, salah satunya Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa. Targetnya, untuk mencapai 100 persen akses sanitasi layak di Indonesia.

Kery Saiful Konggoasa mengatakan akan mendukung penuh program kementerian PUPR tersebut. Menurut dia, memang harus ada komitmen bersama antara pemerintah pusat dan daerah melalui pembagian tugas dan tanggung jawab terhadap pengelolaan Sanimas dan TPS 3R, supaya berkelanjutan. “Kementerian PUPR minta peran aktif pemerintah daerah dan stakeholder lainnya untuk mencapai target akses sanitasi layak tahun 2017 sebesar 85 persen. Sebab, tahun lalu progresnya hanya sebesar 67,2 persen saja,” kata Kery, (28/5/2017).

Ketua PAN Konawe menambahkan, masalah sanitasi bukanlah problem pembangunan infrastruktur semata. Namun juga sangat bergantung pada pola perilaku hidup sehat. Persepsi masyarakat untuk menjaga kesehatan lingkungan masih belum menjadi kebutuhan. Hal itu dilihat dari masih banyak ditemuinya praktek buang air besar (BAB) di sembarang tempat. “Masyarakat harus diingatkan soal ini. Makanya, saya minta kerjasama semua stakeholder untuk menyelesaikan persoalan ini,” katanya.

Tahun ini, Direktorat Jenderal Cipta Karya melakukan program Sanimas pada 126 lokasi yang tersebar di 31 provinsi seluruh Indonesia, Konawe juga termasuk di dalamnya. Nah, dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, sumber pendanaannya berasal dari APBN, APBD, DAK, serta melalui sumber pendanaan lainnya. Jadi, kita akan ikut menyukseskan program tersebut,” pungkasnya. (b/hel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
To Top