Dugaan Korupsi di PDAM Kota Baubau, Kejati Segera Tetapkan Tersangka Utama – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Hukum & Kriminal

Dugaan Korupsi di PDAM Kota Baubau, Kejati Segera Tetapkan Tersangka Utama

Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sultra telah mengambil alih penanganan kasus dugaan korupsi pengadaan mesin pompa air di PDAM Baubau. Hingga saat ini, Kejati Sultra belum menetapkan satupun tersangka dalam proyek senilai Rp 5 miliar tahun 2010 itu.

Kepala Kejati Sultra, Sugeng Djoko Susilo, SH, MH mengatakan pihaknya hingga kini belum menetapkan siapa orang yang paling bertanggung jawab dalam dugaan korupsi itu. Sebab, masih menunggu keterangan saksi ahli dari Universitas Halu Oleo (UHO), khususnya hukum pidana. Hal itu untuk mengsingkronkan hukum yang diterapkan Kejati dalam penanganan kasus itu. “Setelah mendapatkan keterangan dari saksi ahli, pasti akan segera kami tetapkan siapa tersangka dalam kasus tersebut. Dan itu akan kami lakukan secepatnya,” ujar Sugeng Djoko Susilo, kemarin.

Pengganti Andi Nurwinah itu sangat yakin telah terjadi dugaan tindak pidana korupsi dalam pengadaan mesim pompa air itu. Pasalnya uang yang dikeluarkan tahun anggaran 2010 untuk membiayai proyek tersebut tidak digunakan dengan baik oleh pengelola proyek tersebut. Sehingga pompa air itu tidak bisa dinikmati oleh masyarakat. “Itu sudah terjadi korupsi, dan kami mempunyai bukti untuk menyeret siapa saja yang terlibat didalamnya. Dan itu secepatnya akan kami tetapkan siapa tersangkanya,” tegas Kajati Sugeng Djoko Susilo.

Untuk diketahui dalam proyek ini, lebih dari lima kontraktor yang melaksanakan pengerjaan mesin pompa air. Jaksa  menduga, pengadaan mesin tak sesuai dengan spesifikasi mesin pompa air. Fakta dilapangan menunjukkan sebagian mesin yang diadakan tidak dimanfaatkan, karena terjadi kerusakan mesin pompa air. (kmr/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top