Pole Pertama Dalam 9 Tahun, Kimi Start Terdepan, Hamilton Hancur – Kendari Pos Online
Iklan DPRD Koni Sultra
Olahraga

Pole Pertama Dalam 9 Tahun, Kimi Start Terdepan, Hamilton Hancur

KENDARIPOS.CO.ID — Sirkuit jalanan Monte Carlo memberikan jawaban mobil Formula 1 mana yang terbaik saat ini. Dan jawabannya adalah Ferrari! Dengan karakter sirkuit yang sempit dan karena itu tidak memerlukan power mesin mumpuni, dua mobil skuad Kuda Jingkrak mendominasi sesi kualifikasi GP Monaco,  tadi malam.

Ferrari sudah mendominasi kualifikasi sejak sesi pertama. Sedangkan Mercedes tampak selalu kesulitan memperoleh kecepatan terbaik. Setiap kali menyelesaikan lap pertama, mobil Mercedes selalu lebih lambat sampai delapan detik di belakang Ferrari. Meski memang, kemudian, mampu mengepras defisitnya beberapa lap berikutnya.

Pada kualifikasi pertama Q1 Valtteri Bottas hanya finis di posisi lima sedangkan rekan setimnya di Mercedes Lewis Hamilton finis ke-10. Hasil tersebut memberikan sinyal bahwa Mercedes sedang dalam bencana. Pada sesi itu, bintang muda Red Bull-TAG Heuer Max Verstappen menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 13,078 detik. Sedangkan posisi 2-3 dikuasai Ferrari, dengan Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen secara berurutan.

Bencana bagi Lewis Hamilton terjadi pada Q2. Saat berusaha mengejar lap terbaiknya di usahanya terakhir, laju mobilnya tertahan yellow flag. Padahal posisinya sedang melakukan hot lap. Kecelakaan menimpa pembalap McLaren-Honda Stoffel Vandoorne di tikungan Swimming Pool.

Karena yellow flag itu, Hamilton terpaksa harus mengurangi kecepatannya. Padahal sesi Q2 tinggal menyisakan beberapa detik lagi. Begitu bendera finis sudah dikibarkan di tengah yellow flag, Hamilton hanya mampu finis di posisi ke-14. ”Kami gagal memberikan setingan yang pas pada mobil Lewis,” kata Non-Executive Chairman Mercedes Niki Lauda.

Ironisnya, kecelakaan tersebut menjadi berkah bagi McLaren. Sebab untuk kali pertama musim ini, dua mobil mereka lolos ke Q3. Pada kualifikasi ketiga itu, Kimi Raikkonen mendominasi. Hampir setiap lap yang dia lakukan, waktunya terus membaik. Lap terbaiknya adalah 1 menit 12,178 detik dan ini merupakan rekor baru lap tercepat di Monaco. Torehannya itu lebih cepat 0,043 detik dari Vettel yang akan start dari posisi kedua dan 0,045 detik dari ranking ketiga, Bottas.

Pole position itu menjadi yang pertama bagi Raikkonen dalam sembilan tahun silam. Terakhir, pembalap Finlandia tersebut menyabet posisi start terdepan pada GP Prancis 2008. Artinya, Raikkonen harus melewati 128 balapan sebelum merebut pole-nya kemarin. ”Sudah dua sampai tiga kali aku hampir mencapai pole, tapi baru hari ini aku benar-benar mendapatkannya,” kata pembalap 38 tahun itru.

Hasil kualifikasi ini sangat penting untuk menentukan hasil balapan malam nanti. Karakter trek yang sempit akan menyulitkan pembalap untuk melakukan overtaking. Tapi dengan sempitnya jarak antara tiga pembalap terdepan, race akan berlangsung sengit. ”Jika dibandingkan dengan sirkuit lainnya, di Monaco-lah pole position menjadi sangat penting. Tapi tidak otomatis akan memberimu kemenangan atau hasil yang bagus,” tandasnya.

Hamilton menganggap akhir pekannya di Monaco sudah berakhir di sesi kualifikasi tadi malam. Padahal jalanan Monte Carlo adalah harapan besar baginya untuk bisa mengejar defisit enam poin dari Vettel, sang pemuncak klasemen sementara. Apalagi, Hamilton adalah juara bertahan di Monaco. ”Besok (balapan hari ini) aku hanya akan membalap di antara pembalap-pembalap di luar 10 besar. Aku akan berusaha mendapatkan posisi sebaik-baiknya, tapi di sini, sulit menyalip,” katanya.  (cak/nur)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
To Top