Waspada ! Dishub Kendari Temukan Bus Tak Layak Jalan – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Metro Kendari

Waspada ! Dishub Kendari Temukan Bus Tak Layak Jalan

kendaripos.fajar.co.id — Dinas Perhubungan Kota Kendari bersama Kepolisian Daerah (Polda) Sultra melakukan uji kelayakan pada beberapa bus yang beroperasi di Kota Kendari. Pemeriksaan tersebut dilakukan dalam rangka kesiapan layananan bus Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) selama Ramadan dan menjelang mudik lebaran nanti. Sejumlah Perusahaan Outo (PO) bus menjadi target pemeriksaan. Salah satunya yang ada di Pasar Baru.

Hasilnya, dari 10 bus AKAP, ditemukan beberapa tidak layak jalan. Penilaiannya, mulai dari komponen keamanan rem yang tidak memadai hingga izin yang sudah lewat. Hasil temuan itu disampaikan Kepala Bidang Perhubungan Darat, Dinas Perhubungan Kota Kendari, Agus Sutanto saat ditemui usai lakukan uji kelayakan sejumlah bus, Jumat (26/5).

Adapun komponen pemeriksaan yang dilakukan meliputi, status laik jalan dengan memerhatikan komponen keamanan mengemudi seperti rem, spion dan kondisi mesin. Selain itu, masa berlaku izin trayek juga ikut diperiksa tim gabungan Dishub dan Polda Sultra. Bahkan, pengemudi atau Surat Izin Mengemudi (SIM) sopir bus juga ikut diperiksa. Hal ini demi memastikan kenyamanan dan keamanan masyarakat dalam melakukan perjalanan.

“Kami sudah beri teguran dan peringatan, supaya kekurangan itu diperbaiki. Sekaligus melengkapi dokumen, seperti SIM dan lainnya. Dalam waktu dekat, kami akan periksa lagi. Kalau masih bandel, maka sanksi tegas menanti,” kata Agus Sutanto.

Untuk itu, Agus memerintahkan kepada PO bus untuk segera melakukan pembenahan kendaraannya agar memenuhi persyaratan. Termasuk, pengurusan perpanjangan izin operasi yang sudah kedaluwarsa. Nantinya, uji kelayakan akan dilakukan kembali untuk mengecek perbaikan yang sudah dilakukan. “Kalau mereka tidak mengindahkan perintah, maka sanksi tegas menanti. Bisa berupa pembekuan izin operasi ata hal lain. Yang jelas, kita ingin bus AKAP yang beroperasi, aman dan nyaman bagi masyarakat,” tegasnya.

Selanjutnya, uji kelayakan akan terus dilakukan hingga masa mudik lebaran nanti. Bahkan, Dishub juga tidak sungkan untuk melakukan uji kelayakan pada moda transportasi laut. “Tetapi untuk sementara kita sasar dulu kendaraan umum darat. Mikrolet juga nanti kita akan periksa,” imbuhnya. (Alfin)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top