Konawe Selatan Tetapkan Pembayaran Zakat Fitrah, Ini Besaranya… – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Konawe Selatan

Konawe Selatan Tetapkan Pembayaran Zakat Fitrah, Ini Besaranya…

KENDRIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) bersama Kementerian Agama (Kemenag) setempat telah menetapkan besaran zakat fitrah tahun 2017. Penetapan nominal tersebut sesuai hasil keputusan dalam rapat bersama. Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konsel, H. Sjarif Sajang yang ditemui membenarkan, pihaknya telah memutuskan besaran zakat yang harus dibayarkan masing-masing jiwa dalam tahun 1438 Hijriah kali ini. Tak ada perbedaan dengan tahun lalu.

“Jadi pembayaran nanti bisa dilakukan di masjid atau petugas Panitia Hari Besar Islam (PHBI). Setelah itu akan dibagikan kepada fakir miskin sebelum lebaran. Kami berharap, zakat ini paling lambat tiga hari sebelum Idul Fitri sudah diserahkan,” ungkapnya, Jumat (26/5). Penetapan besaran zakat juga dilakukan dengan melibatkan tokoh agama dan Dinas Perindag. “Dari laporan hasil survei harga beras, masih stabil sehingga masih sama dari tahun lalu,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Sekretariat Pemkab Konsel, Hamlin Ode Makka menjelaskan, zakat fitrah yang harus dibayarkan masih mengikut pada tahun sebelumnya. “Ada dua kategori yang dijadikan rujukan. Yakni bagi masyarakat mengkonsumsi beras super dan medium,” jelasnya.

Mantan Kabag Korpri ini merinci, untuk umat yang mengonsumsi beras super tiap jiwa akan mengeluarkan 3,5 liter atau 2,5 kilogram. Jika diuangkan sebesar Rp 25 ribu perjiwa. “Sedangkan beras medium seharga Rp 23 ribu perkepala. Untuk takarannya sama dengan beras super,” tandas Hamlin.

Jumlah Zakat Fitrah yang Harus Dibayarkan :
Pengonsumsi beras super         : 3,5 liter atau 2,5 kilogram Jika diuangkan         : Rp 25 ribu perjiwa
Pengonsumsi beras medium     : 3,5 liter atau 2,5 kilogram
Jika diuangkan                            : Rp 23 ribu perjiwa. (c/kam)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top