Buton Utara Masih Siaga Banjir, Lima Kecamatan Diminta Waspada – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Buton Utara

Buton Utara Masih Siaga Banjir, Lima Kecamatan Diminta Waspada

kendaripos.fajar.co.id — Curah hujan yang tinggi masih mengguyur wilayah Buton Utara (Butur). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah mengeluarkan status siaga. Lima kecamatan di daerah setempat dipetakan rawan bencana banjir dan tanah lonsor. Warga Butur yang kediamannya di dataran rendah dan dekat sungai pada lima kecamatan tersebut diminta waspada.

Kepala BPBD Butur, LM. Yurif Halir menuturkan, status siaga bencana banjir telah keluarkan hingga sepekan ke depan. “Banjir yang sebelumnya melanda sejumlah kecamatan di Butur sejak beberapa waktu lalu memang mulai surut. Namun untuk mengantisipasi hujan deras kembali mengguyur,  warga diminta tetap siaga jika ada banjir susulan,” ujar Yurif Halir saat ditemui di Kantor Sekretariat Kabupaten Butur, Jumat (26/5).

Mantan Kepala Dinas Pendapatan Daerah Butur ini memprediksi, hujan deras kembali melanda satu pekan ke depan dan  potensial menyebabkan banjir dan tanah longsor.  “BPBD terus berkoordinasi dengan BMKG Sultra  terkait kondisi cuaca dan intesitas curah hujan yang diprediksi. Kami berharap cuaca kembali cerah dan tak ada lagi banjir susulan sehingga status siaga segera dicabut,” sambungnya.

Yurif juga mengeluhkan minimnya anggaran yang dialokasikan untuk penanggulangan bencana sebesar Rp 700 juta. Padahal dana yang dibutuhkan sangat banyak untuk biaya operasional pada daerah yang medannya tak mudah dijangkau. Meski demikian, untuk menjalankan tugas, kondisi dana yang sangat terbatas bukan menjadi halangan. Ia bersama personilnya,  tetap semangat demi misi kemanusiaan. (c/had)

Lima Kecamatan Rawan Banjir di Butur :
-Kulisusu Barat
-Kulisusu Utara
-Bonegunu
-Kambowa
-Wakorumba Utara

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top