Wow..MAN 1 Kendari Juara Umum Kompetisi Sains Madrasah – Kendari Pos Online
Iklan DPRD Koni Sultra
Edukasi

Wow..MAN 1 Kendari Juara Umum Kompetisi Sains Madrasah

Kabid Pendidikan Madrasah Kemenag Sultra, Dr. Joko, menutup KSM tingkat provinsi, Kamis (25/5) di MAN 1 Kendari. Foto : Waode Ismawati/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kendari, baru saja menorehkan prestasi. Sekolah ini berhasil menyabet juara umum Kompetisi Sains Madrasah (KSM) yang diselenggarakan Kemenag Sultra tahun 2017. KSM yang diselenggarakan tanggal 25 Mei, merupakan kegiatan nasional yang menjadi agenda tahunan Kemenag Sultra bagi seluruh madrasah di Bumi Anoa. Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Madrasah Kemenag Sultra, Dr. Joko berharap event tersebut mampu mendorong siswa mencintai seluruh bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Tanpa mengabaikan pengetahuan Agama Islam sehingga bisa menjadi panutan bagi anak lainnya. “Sebagai anak bangsa yang berahlakul karimah, siswa/siswi madrasah diharapkan mampu membangun bangsa khsusnya dibidang IPTEK,” ujarnya.

Dia pun menjelaskan bidang lomba yang ditandingkan dalam KSM, yaitu untuk Madrasah Iftidaiyyah (MI) ada Matematika, Agama Islam dan IPA. Madrasah Tsanawiyah (MTs) memperlombakan Matematika, Agama Islam, Biologi dan Fisika. Sedangkan Madrasah Aliyah (MA) melombakan Matematika, Agama Islam, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi dan Geografi.

“Jadi peserta berjumlah 374 orang merupakan perwakilan dari MI, MTs dan MA di 17 kabupaten Sultra. Seluruh delegasi telah menunjukkan kemampuan mereka untuk menperebutkan medali emas. Saya sangat bangga melihat potensi anak-anak Sultra begitu luar biasa. Meskipun tidak semua juara tetapi mereka duta dan sang juara di sekolahnya masing-masing,” terang Joko.

Menurutnya, juara pertama, kedua dan ketiga tidak terlalu penting, sebab itu hanya persoalan urutan saja. Namun hasil dari lomba tersebut yang paling penting. Bagaimana mengembangkan bakat dan minat siswa dibidang sains sehingga sehingga sains dapat dicintai. Selain itu, mengembangkan budaya kompetitif yang sehat dikalangan madrasah.

“Melalui ajang ini telah terjaring bibit unggul dan berprestasi sebagai perwakilan Sultra di KSM tingkat nasional pada Juli mendatang di Yogyakarta. Jadi seluruh peraih medali emas akan menjadi peserta KSM nasional dan akan mewakili Sultra. Saya berharap semua sang juara agar lebih menyiapkan diri untuk level selanjutnya. Semoga prestasi serupa bisa dipersembahkan untuk daerah di tingkat nasional nanti,” pungkasnya. (ima/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
To Top