Ini Penjelasan Kakanwil Kemenag Sultra Soal Waktu Puasa Pertama – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Sulawesi Tenggara

Ini Penjelasan Kakanwil Kemenag Sultra Soal Waktu Puasa Pertama

Mohammad Ali Irfan

kendaripos.fajar.co.id — Pemerintah masih harus menggelar sidang isbat penetapan 1 Ramadan, Jumat (26/5), hari ini. Tim dari kementerian agama (Kemenag) dari seluruh Indonesia ditugaskan mencari hilal. Khusus di Sultra, pencarian hilal di pusatkan di Tanggetada, Kabupaten Kolaka.

Kendati belum ada keputusan, namun masyarakat sudah bersiap-siap untuk melaksanakan puasa. Banyak yang memprediksi, kalau satu Ramadan bakal jatuh hari Sabtu, besok. Artinya, malam nanti, umat muslim sudah akan menggelar taraweh, dan puasa esoknya. Hal ini sama dengan yang dilakukan kelompok Muhammadiyah.

Keyakinan akan dimulainya puasa, besok ternyata tidak hanya dirasakan masyarakat, Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama (Kakanwil Kemenag) Sultra, Mohammad Ali Irfan juga punya prediksi begitu. Menurutnya, satu Ramadan hampir pasti akan jatuh pada Sabtu (27/5), besok. “Kalau melihat informasi sementara dari pantauan hilal, kemungkinan besok puasa,” ujarnya, kemarin.

Menurutnya, memang belum ada pengumuman resmi dari pemerintah. Karena Jumat, hari ini seluruh pemantau hilal di tingkat provinsi dan kabupaten baru akan dilaporkan dan dirumuskan oleh Kemenag.   Namun Ia melihat sudah ada tanda-tanda munculnya hilal di langit. “Sudah kelihatan tanda-tandanya (munculnya hilal), derajatnya sudah tinggi,” jelasnya.

Dengan begitu, tahun ini baik pemerintah, Muhammadiyah maupun Nahdatul Ulama (NU) akan mengawali puasanya serentak. Sebab, kedua organisasi Islam paling besar di Indonesia  itu sudah mengumumkan pembukaan puasanya lebih dulu. “Alhamdulillah tahun ini kita bisa puasa serentak, Muhammadiyah dan NU akan puasa Sabtu, besok, artinya sebentar malam sudah taraweh,” terangnya.

Di Sultra kata dia, pemantauan hilal Ramadan dipusatkan di Tenggetada, Kabupaten Kolaka. Hasil pantauan itu akan dilaporkan ke Kementrian Agama pusat nantinya. “Rukyatul hilal juga akan kita lakukan di Tanggetada. Setiap tahun memang disana menjadi tempat melihat hilal yang paling strategis,” tutupnya. (b/ely)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top