Dana Desa Belum juga Cair, Kades di Muna Galau – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Muna

Dana Desa Belum juga Cair, Kades di Muna Galau

ILUSTRASI

kendaripos.fajar.co.id — Jika daerah lain telah menerima kucuran Dana Desa (DD), maka di Kabupaten Muna, para kepala desa (Kades) masih menantinya. Gelontoran anggaran miliaran rupiah pada tahun 2017 itu, tak kunjung cair juga. Sejumlah Kades tak bisa berbuat banyak. Sebab program pembangunan yang telah dicanangkan belum bisa dijalankan. Apalagi, telah memasuki pertengahan tahun. Belum cairnya DD tersebut bukan tanpa alasan. Sebab, satu desa yakni Wadolao di Kecamatan Marobo belum menuntaskan laporan realisasi tahun 2016. Sehingga, transfer pusat ke daerah pun terhambat.

Laporan realisasi itu sebagai syarat digelontorkannya anggaran pusat ke daerah. “Tinggal Desa Wadolao yang belum selesaikan. Ternyata di sana sudah selesai masa jabatan kadesnya. Sehingga kosong,” alasan Budiman Syawal, Kabid Keuangan dan Aset Desa BPMPD Muna saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (24/5) lalu.

BPMPD, kata mantan Camat Lawa itu telah melakukan upaya dengan mengkoordinasikan bersama pihak kecamatan maupun pendamping desa untuk menyetorkan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) tersebut. Nantinya, mereka yang mengantarkan langsung ke kantor BPMPD. “Kita tinggal tunggu saja laporan satu desa ini,” jelasnya.

Dalam Permenkeu nomor 50, pelaporan realisasi ditunggu hingga 1 Juli 2017. Kalau tak juga ada LPJ itu, kemungkinan pencairan DD di Muna ditangguhkan hingga beberapa bulan ke depan, tahun berjalan. Kendati belum ada LPJ, kata mantan Kabag Kesra, mungkin saja, pihaknya mengambil arsip yang ada di BPMPD. Sebab, sebagai pelampiran laporan tersendiri yang akan disetorkan ke Kemenkeu. Jika pun telah cair ke daerah, para Kades juga bakal menemui kendala pencairan anggaran dari pemerintah kabupaten (Pemkab) ke masing-masing desa. Sebab, mekanisme administrasi dan minimnya Sumber Daya Manusia di desa menjadi pemicu lambannya kinerja BPMPD.

1 of 2

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top