Tentukan 1 Ramadan, Pemerintah Masih Harus Cari Hilal – Kendari Pos Online
Iklan DPRD Koni Sultra
Sulawesi Tenggara

Tentukan 1 Ramadan, Pemerintah Masih Harus Cari Hilal

KENDARIPOS.CO.ID — Seperti tahun-tahun sebelumnya, penentuan 1 Ramadan tidak bisa diputuskan pemerintah sejak jauh-jauh hari. Begitupun untuk puasa 1437 H, Kementrian Agama baru akan menentukan, Jumat (26/5) nanti, melalui metode mencari hilal atau rukyatul hilal. Setelah itu barulah puasa hari pertama ditentukan.

Keterangan itu disampaikan oleh Kepala Kantor Agama Kota Kendari, Samsuri. Kata dia, sampai kemarin, pemerintah belum menetapkan jatuhnya 1 Ramadan 1437 H. “Tetapi kami sudah menerima undangan untuk melakukan rukyatul hilal hari Jumat nanti,” jelasnya kemarin.

Metode penetapan 1 Ramadhan itu kata dia di Sultra akan dipusatkan di Tenggetada, daerah Kolaka. Hal itu memang menjadi tempat biasa dilakukan untuk melihat hilal Ramadhan dan lebaran. Meski begitu menurut dia pribadi, merujuk pada tanda-tanda seperti yang diketahui di tahun-tahun sebelumnya, puasa kemungkinan jatuh hari Sabtu (27/5) nanti. “Menurut saya pribadi malam Sabtu itu sudah shalat taraweh,” ujarnya.

Lebih lanjut, Samsuri mengatakan baik pemerintah maupun ormas Islam belum menentukan awal puasa tahun ini. Dibenarkannya jika di media sosial sudah banyak diberitakan jika sebagai ormas Islam akan mengawali puasanya pada hari Jumat. Namun untuk wilayah Kota Kendari belum satu pun ormas mengumumkan awal puasanya. “Sementara ini belum ada baik lisan atau dari media kecuali mungkin di daerah lain kalau Kendari belum ada informasinya,” ungkapnya.

Kemenag berharap puasa tahun ini bisa dilakukan serentak oleh umat Islam di Indonesia. Agar masyarakat tidak bingung lagi seperti sebelum-sebelumnya. Tetapi ditegaskannya perbedaan itu tidak akan menjadi masalah sepanjang adanya penghargaan satu sama lain. (ely)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
To Top