Sepekan, Polres Muna Amankan 535 Liter Kameko – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Muna

Sepekan, Polres Muna Amankan 535 Liter Kameko

Miras tradisional Kameko yang diamankan petugas saat melakukan razia. Foro : Ery/Kendari Pos.

kendaripos.fajar.co.id — Selama sepekan menggelar razia Polres Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara (Sultra) sukses mengamankan setidaknya 535 liter minuman keras (Miras) tradisional, yang dalam bahasa lokal disebut Kameko. Operasi ini dilakukan sejak 16-23 Mei 2017, yang bertujuan menciptakan kondisi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kantibmas) yang kondusif menjelang bulan suci ramadan.

Kapolres Muna, AKBP Agung Ramos Paretongan Sinaga mengatakan, operasi ini merupakan giat serentak yang dilakukan jajaran Polda Sultra atas perintah Kapolda. Pihaknya langsung menyisir seluruh wilayah hukumnya, yang tersebar di 22 Polsek yang meliputi Muna, Muna Barat dan Buton Utara.

Perwira dengan pangkat dua melati di pundak itu merinci, selama operasi mengamankan 535 liter miras tradisional Dengan klasifikasi, 352 liter jenis kameko dan 183 liter jenis arak. Sementara, tersangkanya berjumlah 13 orang dengan jumlah 13 kasus jenis tindak pidana ringan (Tipiring).

Ia juga menyebut, dalam operasi ini berhasil mengamankan 1 orang yang telah melakukan tindakan premanisme atas nama Junaedi alias Juna. “Jadi selama operasi Polres Muna berhasil mengamankan barang bukti tersebut,” kata AKBP Agung Ramos Paretongan disela-sela pemusnaan miras tradisional di Mapolres Muna, Selasa (23/5).

Berdasarkan, hasil penyelidikan dan penyidikan, kata pengganti AKBP Yudith S Hananta itu, diketahui produsen memilih langsung menjual hasilnya. Sebab, lebih menguntungkan ketimbang memproduksi menjadi gula aren. “Untuk wilayah Polsek Bonegunu sudah melakukan binaan beberapa produsesn miras tradisional. Itu untuk memproduksi gula aren dan membantu pemasarannya di wilayah Baubau,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, miras tradisional tersebut langsung dimusnahkan dengan cara ditumpahkan. Sementara itu, para tersangka masih menunggu hasil dari kepolisian atas sanksi yang bakal dijalani. (ery)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top