Menyeramkan ! Cerita Mistis Air Terjun Ringkulele di Konawe Kepulauan, Kalau Magrib…. – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Konawe Kepulauan

Menyeramkan ! Cerita Mistis Air Terjun Ringkulele di Konawe Kepulauan, Kalau Magrib….

Air terjun Ringkulele. Foto : Mursalim/Kendari Pos.

Air Terjun Ringkulele di Konawe Kepulauan masih menyisakan misteri hingga kini. Tak banyak orang yang bisa menjelaskan, ada apa sebenarnya di tempat itu. Yang pasti, setiap warga yang datang, terutama jelang magrib akan mencium aroma melati, bau khas kuburan. Sebagian masyarakat setempat meyakini, kalau itu adalah tanda “bidadari” sedang mandi.

Mursalim, Langara

Awan yang bergelantung di atas langit Langara, Minggu sore (21/5), membuat suasana alam lebih cepat gelap dari biasanya. Padahal, di jam tangan yang kupakai baru menunjukkan pukul 16.30 wita. Di hari biasa, jam segini matahari masih terlihat, walaupun memang tidak lagi “ganas”. Penampakan alam di sekeliling juga lebih sunyi dari biasanya, sehingga menambah suasana senja tak cukup enak dinikmati.

Tapi situasi sedikit ganjil ini cepat dilupakan. Suara desah air sekira 50 meter dari tempat kami berdiri langsung membuyarkan lamunan tentang kondisi alam yang tidak seperti biasanya sore itu. “Inilah air terjun Ringkulele itu,” ujar Dermawan Toorima, saat kami tiba di tempat itu.

Dermawan merupakan tokoh masyarakat setempat yang menemaniku mengujungi lokasi itu, akhir pekan lalu. Pria paruh baya ini sudah sangat kenal air terjun Ringkule, termasuk beberapa cerita mistis yang selama ini dipercaya masyarakat.

“Kalau datang di tempat ini jelang magrib, pasti mencium aroma kembang melati. Apalagi kalau malam Jumat, paling terasa sekali,” jelas bapak tiga anak itu yang kesehariannya bekerja sebagai Sekretaris Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Konkep.

Dermawan sudah seringkali datang ke tempat itu, menurut dia, beberapa warga juga pernah mendapatkan pengalaman itu (cium aroma melati). “Tapi sekarang, hanya sedikit orang yang berani datang saat sore seperti ini,” lanjutnya lagi.

Ada cerita mistis yang diyakini masyarakat, termasuk Dermawan, mengapa setiap sore atau jelang magrib, air terjun tersebut mengeluarkan aroma khas kuburan. Salah satunya, aroma itu berasal dari Ringkulele yang sedang mandi. Kata Ringkulele diartikan sebagai gadis cantik layaknya bidadari. Sebagian masyarakat juga meyakini, kalau mandi di air terjun itu, kecantikannya akan menyerupai Ringkulele. Tentu ini hanya mitos belaka, karena faktanya tidak demikian.

Masyarakat setempat memiliki dua versi cerita soal sosok Ringkulele ini. Sebagian mengatakan, dia adalah titisan dewi dari bulan, ada pula yang mengatakan dia adalah bidadari yang ketinggalan selendang, sehingga tidak bisa kembali ke khayangan.  Namun ada juga menganggap kalau dia anak dari hasil pernikahan pasangan Lambiye dan Pidari, orang terpandang di daerah itu.

1 of 3

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top