Calon Haji Sultra Diminta Segera Lunasi BPIH, Ini Batas Waktunya… – Kendari Pos Online
Iklan DPRD Koni Sultra
Sulawesi Tenggara

Calon Haji Sultra Diminta Segera Lunasi BPIH, Ini Batas Waktunya…

KENDARIPOS.CO.ID — Pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) bagi mereka yang mendapatkan panggilan ke tanah suci tahun ini, sudah ditutup sejak 5 Mei lalu. Dari 2 ribuan jamaah terdaftar di Sultra, masih ada lebih dari 100 orang yang teridentifikasi belum melunasi kewajibannya karena berbagai kendala. Nah, Kementrian Agama masih memberi kesempatan terkhir bagi mereka yang BPIH nya belum tuntas, untuk segera menyelesaikannya.

“Ada kesempatan kedua, sejak (22/5/2017) sampai 5 Juni nanti,” kata Kepala Seksi Haji dan Umrah Kementerian Agama Sultra, Wa Masi, kemarin. Kata dia, di edisi pelunasan tahap 1, masih ada 126 orang jamaah yang belum menyelesaikan kewajibannya, dimana salah satu alasan utamaya adalah kendala finansial.

Bila di akhir waktu pelunasan masih ada yang belum bisa menuntaskan BPIH, maka kuota cadangan dan penggabungan suami istri serta anak dan orang tua akan dimanfaatkan untuk memenuhi kuota haji Sultra tahun ini. Wanita berjilbab itu menambahkan untuk penggabungan mahram antara anak dan orang tua atau sebaliknya itu juga memiliki ketentuan khusus. Misalnya seorang anak atau ayah telah melakukan pelunasan di tahap pertama dan ingin digabungkan dengan calon haji yang belum masuk kuota, itu bisa dilakukan tetapi minimal sudah mendaftar diatas lima tahun.

Lebih lanjut, Wa Masi menuturkan, pihak bank syariah yang melayani pelunasan haji itu sudah dikoordinasi kesiapannya untuk membuka pelayanan tahap dua itu. Dia berharap dalam proses pelunasan tahap dua tidak terjadi lagi gagal sistem seperti yang dialami 4 orang calon haji pada pelunasan tahap pertama lalu.

Untuk diketahui jumlah jamaah calon haji Sultra tahun ini adalah 2012 orang ditambah 14 orang pendamping jamaah. Mereka dijadwalkan berangkat bertahap mulai Agustus mendatang melalui embarkasi Makassar dan tergabung dalam tiga kloter.

Terpisah kepala seksi haji dan umroh Kemenag Kota Kendari, Sunardn mengaku sejak dibuka 22 Mei lalu, 28 dari 44 orang jamaah yang masuk dalam daftar tahap dua sudah melakukan pelunasan. “Di Kendari ada 44 orang untuk tahap II. Penggabungan suami istri 20 orang, 2 orang gagal sistim, 4 orang karena tidak dapat info saat tahap pertama sisanya adalah lansia,” rinci dia.

Sunardin meminta semua jamaah untuk mempercepat pelunasan agar pengurusan pasport juga bisa lebih cepat. “Yang melakukan pelunasan ditahap pertama kemarin sudah selesai, tinggal kita tunggu jamaah ditahap dua,” lanjutnya. (ely)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
To Top