Pertengahan Juni, Menristek Salurkan Suara di Pilrek UHO – Kendari Pos Online
Iklan DPRD Koni Sultra
Edukasi

Pertengahan Juni, Menristek Salurkan Suara di Pilrek UHO

KENDARIPOS.CO.ID — Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan (Menristek Dikti), Muhammad Nasir akan menyalurkan suaranya di pemilihan rektor (Pilrek) UHO, pertengahan Juni mendatang. Hal itu diungkapkan Kepala Biro Sumber Daya Manusia, AriHendarto. Menurut dia, Inspektorat Jendral Kemenristek Dikti telah mengeluarkan rekomendasi untuk melanjutkan pilrek.

Sebab mereka tidak menemukan adanya masalah saat melakukan audit internal kampus terbesar di Sultra itu. “Jadi kita tinggal tentukan tanggalnya. Mungkin pertengahan Juni mendatang sudah ada jadwalnya. Karena, ada juga persiapan-persiapan dan sebagainya,” kata Ari Hendarto saat ditemui di Kemenristekdikti, kemarin (22/5).

Kemenristek tidak bisa langsung mengagendakan penyaluran suara menteri sebelum ada koordinasi dengan pihak panitia pilrek UHO. Kata dia, harus ada persiapan matang sebelum menteri menyalurkan suaranya guna mencari rektor definitif. Ia mengatakan lembaga yang dilibatkan dalam pilrek sesuai perintah undang-undang telah menyerahkan rekomendasi. Misalnya, hasil penelusuran Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) terhadap rekam jejak tiga kandidat rektor.

Namun bagaimana hasilnya, apakah ada rapor merah atau tidak, kata dia tidak bisa dipublis karena bersifat rahasia. “Yang jelas kita selalu libatkan PPATK. Hasilnya, hanya sebatas konsumsi internal kami (Kemenristek). Nantinya akan jadi pertimbangan menteri sebelum menyalurkan suaranya,” jelasnya.

Yang pasti, kata dia PPATK telah menelusuri rekening milik kandidat rektor, apakah ada transaksi yang tidak wajar atau bagaimana. “Kalau tidak melibatkan PPATK, kita tidak akan berani melanjutkan tahapan pilrek,” terangnya. Selain rekomendasi itu, lembaganya juga telah mengantongi rekomendasi KASN mengenai track record tiga calon rektor.

1 of 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
To Top