Pemprov Bantu Rp 2,5 Miliar, Anggaran PSU Bombana Aman – Kendari Pos Online
Iklan DPRD Koni Sultra
Politik

Pemprov Bantu Rp 2,5 Miliar, Anggaran PSU Bombana Aman

Nur Alam

KENDARIPOS.CO.ID — Anggaran pemungutan suara ulang (PSU) di tujuh TPS di Bombana, akhirnya clear. Gubernur Sultra, Nur Alam memastikan akan menggelontorkan anggaran sekira Rp 2,5 miliar untuk membantu suksesnya hajatan politik tersebut. Mantan Ketua DPW PAN Sultra sudah mendapat informasi dari Pemkab Bombana soal ketidakmampuan membiayai PSU.

Nur Alam merinci, sesuai laporan diterima, anggaran yang diusulkan KPU Bombana Rp 7 miliar. Semua itu sudah termasuk kebutuhan KPU, Panwas dan aparat keamanan. Tetapi setelah dirasionalisasi, ternyata hanya dengan dana Rp 3,5 miliar saja, PSU sudah bisa terselenggara. Sehingga Pemprov memutuskan untuk menalangi kekurangan anggaran itu.

“Saya sudah mencari jalan untuk meminjamkan, agar pilkada ini tetap dilaksanakan karena sifatnya urgen,” kata suami anggota DPR RI, Tina Nur Alam saat ditemui usai melantik tiga bupati DOB, kemarin (22/5). Mantan Wakil Ketua DPRD Sultra menjelaskan, dana yang diberikan itu memang harus bersifat pinjaman. Sebab, dana yang teranggarkan dalam APBD sebagai dana kontigensi. Sehingga pemanfaatannya pun harus sesuai dengan mekanisme.

“Pemkab Bombana sudah punya Rp 1 miliar. Supaya kebutuhannya terpenuhi, maka kami tambah Rp 2,5 miliar, walaupun dari pinjaman. Yang penting,  anggaran PSU aman. Sekarang, dengan waktu tersisa tujuh hari, KPU harus maksimal,” pesannya.

Soal bagaimana nanti pengembaliannya, gubernur mengaku akan dicarikan solusinya. Yang dipikirkan sekarang, PSU harus terselenggara dulu. “Nanti saja dilunasi, PSU saja dulu yang dihadapi,” sambungnya. Rencananya, 23 Mei (hari ini,red), dirinya akan memantau langsung persiapan PSUBombana itu.

Pj Bupati Bombana, Sitti Saleha mengaku lega setelah mendapat kepastian bantuan dari pemprov Sultra. Dia membenarkan jika pihaknya hanya memiliki dana Rp 1 miliar saja. Bilapun dipaksakan, hanya bisa naik menjadi Rp 2 miliar saja. Namun, itu sudah harus mengorbankan berbagai pihak termasuk PNS. Karena itu setelah mendapat kabar baik dari gubernur itu, dirinya akan menggelar pertemuan dengan stekholder terkait, hari ini (23/5).

“Pemprov sudah siap membantu makanya kita akan rapatkan dulu dengan pihak-pihak terkait. Ini penting untuk bicarakan anggaran yang ada ini. Karena kan yang diusulkan itu Rp 7 miliar,” jelasnya usai pelantikan, kemarin.

1 of 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
To Top