Sudah Habiskan Anggaran Rp 2,5 Miliar, Museum Bajo di Wakatobi Belum Dimanfaatkan – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Wakatobi

Sudah Habiskan Anggaran Rp 2,5 Miliar, Museum Bajo di Wakatobi Belum Dimanfaatkan

kendaripos.fajar.co.id — Pembangunan fisik museum Bajo yang dilakukan sejak tahun 2014 memang sudah tuntas. Desain ruang serta instrumen lainnya pun hingga kini belum ada. Wakil Bupati (Wabup) Wakatobi, Ilmiati Daud sangat menyayangkan kondisi tersebut. Apalagi museum tersebut telah menyerap anggaran hingga lebih dari Rp 2,5 miliar.

“Harusnya sudah bisa dimanfaatkan masyarakat suku Bajo yang bermukim di Mola, Kecamatan Wangi-Wangi. Kurangnya partisipasi masyarakat sekitar terkait juga menjadi faktor hingga belum dimanfaatkannya bangunan di atas laut ini,” kata Ilmiati, akhir pekan lalu. Ia menilai pemerintah desa di Mola Raya kurang kreatif. Sebab jika disadari, banyak hal yang bisa dilakukan dalam museum itu.

“Misalnya membuat kegiatan atau hal lain. Yang namanya museum Bajo pasti di dalamnya berkaitan dengan etnis tersebut. Saya ada perasaan sedih ketika lewat di sekitar museum. Apalagi kalau mengingat anggaran yang dipakai melalui APBD dalam jumlah tak sedikit, lalu belum dimanfaatkan,” terangnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wakatobi, Safiuddin beralasan, saat ini pihaknya tinggal menunggu desain ruang dalam museum yang sementara diproses. Ia memastikan museum ini akan diresmikan tahun 2018. “Kalau perencanaan kami tinggal desainnya saja. Kita pastikan tahun depan sudah bisa difungsikan,” tegasnya. (c/thy)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top