Saatnya Menang Rossi, Tiga Yamaha Start Terdepan di MotoGP Prancis – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Olahraga

Saatnya Menang Rossi, Tiga Yamaha Start Terdepan di MotoGP Prancis

kendaripos.fajar.co.id — Sudah lama sesi kualifikasi MotoGP tak seseru tadi malam. Bukan hanya di sesi kualifikasi dua (Q2) tapi keseruan sudah terjadi sejak Q1. Untuk kali pertama musim ini tiga rider Yamaha menginvasi baris terdepan. Sesuai hasil kualifikasi MotoGP Prancis. Pembalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales, berhasil jadi yang tercepat atau merebut pole position di Prancis. Vinales berhak start terdepan. Pembalap asal Spanyol itu mencatatkan waktu berbaik 1 menit 31,994 detik. Lalu start kedua milik, Valentino Rossi, yang menorehkan waktu  terpaut 0,106 detik dari Vinales. Urutan ketiga direbut pembalap tuan rumah dari Yamaha Tech 3, Johann Zarco.

Sebelumnya persaingan sengit terjasdi di Q1 diakibatkan banyaknya rider-rider top yang tak lolos 10 besar secara akumulasi setelah sesi latihan ketiga (FP3). Mereka adalah duo Ducati Andrea Dovizioso dan Jorge Lorenzo, Daniel Pedrosa (Repsol Honda), dan Johann Zarco (Tech3-Yamaha). Nah, persaingan keempat rider tersebut untuk mendapatkan dua slot untuk lolos ke Q1 berlangsung sengit.

Lorenzo yang pertama menduduki posisi pertama rider tercepat dengan catatan waktu 1 menit 33,542 detik, enam menit setelah sesi dibuka. Namun dengan cepat posisinya digeser Zarco dengan catatan waktu 1 menit 32,687 detik. Pembalap tuan rumah tersebut menjadi yang pertama menjebol batas waktu 1 menit 33 detik. Di tiga lap berikutnya, Zarco selalu memperbaiki catatan waktunya. Pertama 1 menit 32,503 detik, kemudian 1 menit 32,478 detik, dan dipercepat lagi menjadi 1 menit 32,357 detik.

Pedrosa sempat hampir mengamankan posisi kedua dengan mencatat lap tercepat 1 menit 32,415 detik. Tapi Dovizioso membuyarkan mimpi Pedrosa dengan lap terakhirnya 1 menit 32,298 detik. Dovi menggeser posisi Zarco di puncak dan keduanya lolos ke Q2. Pedrosa akan finis posisi tiga yang berarti akan memulai lomba pada grid 13. Sementara Lorenzo finis keenam  dan akan start dari posisi 16 pada balapan hari ini.

Pertarungan sengit berlanjut ke sesi Q2. Sesi belum menyelesasikan lima menit pertama saat Marc Marquez (Repsol Honda) mengalami low side di Tikungan 2 ketika akan mengejar posisi start kelima. Bintang Movistar Yamaha Maverick Vinales adalah rider pertama yang menguasai posisi puncak pembalap tercepat, catatan waktunya 1 menit 33,134 detik. Namun posisinya sempat anjlok ke urutan tujuh setelah rider LCR Honda Cal Crutchlow mengudeta posisinya dengan catatan waktu 0,4 detik lebih cepat. Pembalap Inggris itu menjadi rider pertama yang menembus batas lap tercepat 1 menit 33 detik.

1 of 3

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top