Malaysia Kembali Pulangkan Ratusan WNI, Ini Penyebabnya… – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Nasional

Malaysia Kembali Pulangkan Ratusan WNI, Ini Penyebabnya…

KENDARIPOS. CO. ID — Ratusan Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Sabah, kembali dipulang pemerintah Malaysia. Berdasarkan data yang ada semua berjumlah 102 orang, terdiri dari 79 laki-laki dewasa, 18 perempuan dewasa, empat anak laki-laki dan satu anak perempuan. Di antaranya, 44 orang masuk ke Sabah secara ilegal.

Kepala Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Nunukan, Nasution mengatakan, mereka dideportasi karena melakukan pelanggaran yang beragam. Pertama, masuk ilegal 44 orang, izin tinggal yang kedaluwarsa 31 orang, lalu sebanyak 12 orang WNI yang lahir di Sabah tanpa paspor, kemudian paspor kedaluwarsa sembilan orang, terlibat narkotika empat orang dan kasus kriminal lainnya tiga orang.

“Bahkan sebanyak 12 orang yang lahir di Sabah dan belum memiliki paspor. Sedangkan, empat orang yang tersandung kasus narkoba selama di Sabah tidak memiliki izin tinggal dan pekerjaan yang tetap,” ujarnya kepada Radar Nunukan (Kendari Pos Group)

Sementara salah seorang deportan mengaku memilih masuk ke Sabah melalui jalur tidak resmi dikarenakan lebih cepat. Hanya saja, upah yang ia terima selama bekerja di kebun kelapa sawit lebih sedikit dibandingkan WNI lain bekerja sama sepertinya yang memiliki dokumen resmi.

“Kalau mau urus paspor lagi lama. Terus biaya juga mahal jadi ikut teman lewat samping (ilegal, Red.),” ujar pria yang tak ingin namanya dikorankan ini.

Ia berharap dapat kembali bekerja di Sabah. Sebab, sebelum ia memilih mengadu nasib di Sabah selama dua tahun ia tidak memiliki pekerjaan di kampung halanyannya. “Mau kembai lagi ke sana (Sabah, Red.) kerja, karena kalau di kampung tidak ada kerjaan,” ujar pria asal Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) ini. (akz/eza/fab/JPG)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top