Fakultas Ekonomi dan Bisnis IAIN Kendari Siapkan SDM Perbankan Syariah Kompetitif – Kendari Pos Online
Iklan DPRD Koni Sultra
Edukasi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis IAIN Kendari Siapkan SDM Perbankan Syariah Kompetitif


Suasana pelatihan SDM Perbankan Syariah yang diikuti mahasiswa FEBI-IAIN Kendari. Foto : Waode Ismawati/KendariPos

KENDARIPOS.CO.ID — Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (FEBI-IAIN) Kendari, kian memperkuat diri dalam menelorkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompetitif di bidang perbankan. Salah satu penguatan yang diintensifkan adalah kapasitas dan profesionalitas mahasiswa perbankan syariah, selain pembelajaran juga diberi berbagai pelatihan serta praktik, seperti pelatihan perbankan syariah yang melibatkan mahasiswa program studi (Prodi) Perbankan Syariah.

Dekan FEBI-IAIN Kendari, Dra. Beti Mulu, M.Pd.I., mengungkapkan, dengan gencarnya pelatihan perbankan dapat menyeimbangkan pengetahuan dan pengalaman mahasiswa. Oleh karena itu, setiap melakukan pelatihan bagi mahasiswa, pihaknya menghadirkan pemateri yang kompeten. Katanya, pelatihan merupakan salah satu bagian dari program kegiatan pada rencana operasional fakultas guna mewujudkan visi program studi Perbankan Syariah. “Harapannya, dapat menciptakan sumber daya manusia yang yang terampil dan profesional dan siap memenuhi kebutuhan bank-bank syariah maupun konvensional,” ungkapnya.

Salah satu pelatihan yang diselenggarakan pada 17 Mei lalu dengan menghadirkan pakar ekonomi Syariah Sultra Prof. Dr. H. Hasan Aedy serta Dosen IAIN Kendari Dr. Husain Insawan, M.Ag., berkolaborasi menjadi narasumber akademisi yang membawakan materi Aqad-Aqad Perbankan Syariah dan Menakar sistem perbankan syariah antara konsepsi dan praksis. Selain itu, ada juga narasumber dari kalangan praktisi menghadirkan Rizky Alamsyah dari BRI Syariah Kendari dan Asep Firmansyah dari BNI Syariah Kendari. Kepala Laboratorium Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Muljibir Rahman juga turut membawakan materi Sistem Operasional Perbankan Syariah.

“Mahasiswa Prodi Perbankan Syariah mengikuti pelatihan yang membahas secara komperehensif tentang pengelolaan Bank Syariah. Dukungannya terhadap pembentukan Bank Sentral Syariah di Indonesia sebagai payung bersama bagi seluruh bank yang beroperasi dengan sistem syariah sehingga dapat mempercepat perkembangan bank syariah di Indonesia,” tandasnya. (ima/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
To Top