Baru Dikerja, Poros Lakansai-Labuan di Butur Sudah Rusak Parah – Kendari Pos Online
Jalan Sehat

pariwara
Iklan Jalan Sehat Kenpos Iklan 10 Iklan 23
Buton Utara

Baru Dikerja, Poros Lakansai-Labuan di Butur Sudah Rusak Parah

Kondisi ruas jalan poros Lakansai-Labuan di Kabupaten Buton Utara.

kendaripos.fajar.co.id — Kualitas pengerjaan jalan di poros Lakansai-Labuan, Kabupaten Buton Utara (Butur) dipertanyakan. Pasalnya, jalan yang menghabiskan anggaran Rp 12 miliar itu sudah mulai rusak parah. Padahal, baru dua bulan lalu tuntas dikerja. Material aspal yang menjadi hamparan jalan sepanjang 63 kilometer itu mulai terkelupas. Tak hanya itu, sejumlah ruas jalan telah dipenuh kubangan dan digenangi air setelah satu pekan terakhir hujan lebat mengguyur Butur. Kondisi ruas jalan tersebut sangat dikeluhkan masyarakat setempat saat melintasi menggunakan kendaraan.

Dewan Pembina Lembaga Pemerhati Infrstruktur Daerah dan Anti Korupsi Sultra, La Ode Mawan menyoroti, pengerjaan ruas jalan poros Lakansai-Labuan itu. Ia menuding, jalan yang menghabiskam anggaran miliaran rupiah itu dikerja asal-asalan oleh pihak kontraktor. Buktinya baru dua bulan tuntas dikerja, beberapa ruas jalan sudah berlubang dan digenangi air. Tak hanya itu, aspal yang menjadi hamparan jalan banyak yang sudah mulai terkelupas.

“Pekerjaan jalan ini sarat masalah. Sesuai hasil pengamatan di lapangan, material timbunan tak layak. Sehingga musim hujan datang mengguyur, ruas jalan mudah rusak jika dilintasi kendaraan roda empat atau alat berat,” ujar Mawan saat ditemui di Kantor Sekretariat Kabupaten Butur, Jumat (19/5).

Tak hanya itu, pemerintah juga didesak mengevaluasi pengerjaan ruas jalan yang menghubungkan Kecamatan Kulisusu Utara dengan Wakorumba Utara itu. Apa sebenarnya menyebabkan mengapa begitu cepat rusak. Sementara itu, Wakil Bupati Buton Utara, Ramadio tak mengelak kondisi jalan poros Lakansai-Labuan mulai rusak. Sayangnya, mantan Ketua DPRD Butur ini enggan berkomentar terkait penyebab jalan itu begitu cepat rusak meski baru tuntas Maret 2017 lalu. “Tetap akan dibenahi,” ujar Ramadio saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin. Ketua PMI Butur ini menambahkan, pembangunan infrastruktur jalan terus akan ditingkatkan secara bertahap. “Beberapa ruas jalan provinsi di Butur juga ruas parah. Ini menjadi tanggung jawab Pemprov Sultra,” tandasnya. (b/had)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top