Alhamdulillah…Prodi Doktor Ilmu Pertanian UHO Terakreditasi A – Kendari Pos Online
Iklan DPRD Koni Sultra
Edukasi

Alhamdulillah…Prodi Doktor Ilmu Pertanian UHO Terakreditasi A

Ketua Prodi Doktor Ilmu Pertanian PPs UHO, Dr. Gusti Sutariati menunjukkan sertifikat Akreditasi A yang baru saja dikantongi Prodi yang dipimpinnya tersebut. Foto : Waode Ismawati/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Prestasi demi prestasi berhasil ditorehkan Universitas Halu Oleo (UHO), bukan hanya prestasi akademik tetapi juga pembuktian kelayakan sukses disabet. Hal itu dibuktikan dengan akreditasi unggul yaitu A yang diraih program studi (Prodi) Doktor Ilmu Pertanian dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Ketua Prodi Doktor Ilmu Pertanian Program Pascasarjana UHO, Prof. Dr. Gusti Ayu Sutariati, menjelaskan sesuai Surat Keputusan (SK) dari Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor. 3057/SK/BAN-PT/Akred/D/XII/2016, Prodi yang dipimpinnya sukses mengantongi akreditasi A.

“Kami sangat bersyukur dengan dengan terakreditasinya Prodi ini. Apalagi sebelumnya masih C dan langsung meningkat menjadi A. Semua bisa didapatkan berkat kerja sama semua pihak, mulai dari tim penyusun borang, staf, direktur pascasarjana serta Rektor UHO yang saat persiapan akreditasi masih dijabat Prof. Usman Rianse,” paparnya.

Lanjut dia, untuk memperoleh akreditas A tidak mudah. Dalam hal ini, tujuh standar penilaian akreditas harus dipenuhi. Namun pemenuhan itu berhasil dikerjakan sehingga hasilnya pun memuaskan. “Standar itu seperti, visi/misi, tujuan dan sasaran serta strategi pencapaian. Kemudian tata pamong kepemimpinan, sistem pengelolaan dan penjaminan mutu, begitupun dengan standar lainnya. Termasuk SDM, penelitian dan pengabdian pada masyarakat,” katanya.

Sejak dibuka pada 2011 lalu, tutur Gusti Ayu, Prodi tersebut sudah memiliki delapan kosentrasi. Diantaranya, Agronomi, Agribisnis, Pengembangan Masyarakat, Komunikasi dan Penyuluhan Pembangunan, Pengolahan Suberdaya Pesisir dan Kelautan, Manajemen Hutan, Ilmu Ternak serta Pertanian dan Sumber Daya. “Saya ingin mahasiswa yang pernah terdaftar sebagai mahasiswa prodi ini, untuk segera melanjutkan kuliahnya. Apalagi sekarang sudah terakreditasi A, artinya tidak ada yang bisa diragukan lagi pengakuannya,” imbuhnya.

Dia juga berharap, dengan akreditas unggul tersebut, akan lebih menambah kepercayaan masyarakat. “Tidak usah pergi keluar UHO, Prodi ini juga sudah memiliki mutu yang baik tak kalah dengan Prodi Doktor Ilmu Pertanian lainnya. Kemudian, SDM juga sudah sangat memadai, guru besar dan profesor. Saya mengucapkan terimakasih pada seluruh tim, khususnya pada Direktur Pascasarjana UHO dan Prof. Usman Rianse, yang sudah menyuport dalam proses akreditasi Prodi ini,” tandas Sutariati. (ima/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
To Top