Rakerwil Kopertis se Sulawesi, 389 PTS Kumpul di Kendari – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Edukasi

Rakerwil Kopertis se Sulawesi, 389 PTS Kumpul di Kendari

Suasana rapat pemantapan Rakerwil.

kendaripos.fajar.co.id — Sebanyak perwakilan 389 perguruan tinggi swasta (PTS) se Sulawesi akan kumpul di Kendari, hari ini (19/5). Ini dalam rangka rapat kerja wilayah (Rakerwil) Kopertis wilayah IX Sulawesi. Sekira 700 orang dari pimpinan PTS maupun  badan penyelenggara kampus bakal jadi peserta. Menristekdikti, Mohammad Nasir dijadwalkan membuka langsung kegiatan ini.

Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Prof  Andi Niartiningsih yang menyampaikan hal itu. Kata dia, kegiatan ini digelar selama dua hari (19 Mei hingga 20 Mei), di Grand Clarion Hotel Kendari. “Insya Allah, sesuai jadwal akan dibuka langsung Menristekdikti. Sejauh ini, Direktur Kelembagaan Kemenristekdikti serta beberapa dirjen sudah memastikan hadir. Mudah-mudahan menteri juga tidak berhalangan,” ungkap Prof Andi Niartiningsih, Kamis (18/5).

Dia berharap, Rakerwil tahun ini lebih sukses dan lebih baik dari tahun sebelumnya yang digelar di Manado. Tentunya, kepanitaan daerah sudah berupaya menyiapkan pelaksanaannya dengan sangat matang, demi mewujudkan kesuksesan agenda tersebut.

Katanya, ada beberapa poin utama dalam Rakerwil 2017. Dimulai dari arahan Menristekdikti kepada seluruh pimpinan PTS Sulawesi. Kemudian juga bakal dibahas tentang kebijakan pengawasan inspektorat jendral Kemenristekdikti dan implementasi UU NO 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik. Dihari pertama, termasuk pembahasan kebijakan Penomoran Ijazah Nasional (PIN) serta menyongsong implementasi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2DIKTI).

“Dihari kedua, kami lanjutkan dengan sosialisasi Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) serta peran dan fungsi evaluasi kinerja akademik. Kinerja seluruh PTS akan kita evaluasi bagaimana mereka bekerja dan pengelola PT dalam setahun ini,” jelas wanita berhijab itu.

Andi Niartiningsih menambahkan, sebelum pleno ada akan ada sidang komisi, meliputi komisi A bidang akademik, komisi B bidang ketenagaan dan komisi C bidang kelembagaan. “Semoga acara ini dapat berlangsung lancar. Dan seluruh rangkaian acara tersampaikan dengan baik. Sehingga dipahami seluruh pimpinan demi kemajuan PTS kedepannya,” harapnya.

Ketua Panitia Pelaksana, Prof. Andi Bahrun menambahkan, kesempatan ini menjadi potensi untuk mempromosikan Sultra. Oleh karena itu, sudah ada beberapa tarian dan makanan khas Sultra yang disiapkan dalam agenda tersebut. “Saya bersama penitia lainnya sudah bekomitmen untuk lebih baik dari sebelumnya. Semoga dengan jadinya Sultra sebagai tuang rumah, selain membahas inti Rakerwil juga bisa lebih mengangkat kearifan lokal,” imbuhnya. (b/ima)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top