KPK Segera Limpahkan Berkas Perkara Dugaan Suap Umar Samiun – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
HEADLINE NEWS

KPK Segera Limpahkan Berkas Perkara Dugaan Suap Umar Samiun

Bupati Buton Non Aktif, Umar Samiun mengenakan rompi tahanan KPK.

kendaripos.fajar.co.id — Bupati Buton non aktif, Samsu Umar Abdul Samiun (US) masih menjalani hari-harinya di Rutan Guntur, Jakarta Selatan. Ia sudah ditahan KPK sejak 26 Januari lalu, dengan sangkaan pemberi suap saat Pilkada Buton 2011 lalu. Hanya saja, sampai sekarang belum ada kepastian kapan ia akan menjalani persidangan, guna membuktikan ia bersalah atau tidak. Masalahnya, KPK juga belum bisa memberi kepastikan kapan perkara ini diajukan ke pengadilan.

Penahanan terhadap Ketua DPW PAN Sultra ini akan berakhir 25 Mei nanti setelah dua kali diperpanjang. Pekan lalu, penyidik KPK baru melimpahkan berkas tahap satu ke penuntut umum lembaga tersebut. “Berkas perkara yang bersangkutan baru pelimpahan tahap satu. Sekarang sedang diteliti kelengkapannya selama 14 hari, hingga dinyatakan lengkap alias P21,” ujar Juru Bicara KPK, Febri Diansyah saat ditemui di gedung merah putih KPK, kemarin.

Mantan aktivis anti korupsi itu menepis jika kinerja KPK dinilai lamban dalam menangani perkara korupsi, khususnya perkara yang melilit US. Baginya, KPK bekerja dengan sangat hati-hati dan teliti, yang tentunya sesuai dengan Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP). Lagipula masa penahanan Umar Samiun belum berakhir.

Febri yakin berkas perkara Umar Samiun akan dinyatakan P21 alias lengkap sebelum berakhirnya masa perpanjanganan penahanan yang ke dua. Setelah dinyatakan lengkap, proses berikutnya adalah tahap dua alias pelimpahan tersangka dan barang bukti.

1 of 2

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top