Antisipasi Lonjakan Harga Jelang Ramadan, Bulog Sultra Siapkan Bawang Putih Murah – Kendari Pos Online
Iklan DPRD Koni Sultra
Ekonomi & Bisnis

Antisipasi Lonjakan Harga Jelang Ramadan, Bulog Sultra Siapkan Bawang Putih Murah

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Urusan Logistik (Bulog) Sultra dalam waktu dekat akan menggelar pasar murah. Salah satu komoditi yang bakal dijual murah adalah bawang putih. Harganya sekira Rp 35 ribu hingga Rp 40 ribu. Cara ini sengaja dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan harga jelang ramadan.

Kepala Divisi Regional Bulog Sultra, Laode Amijaya Kamaluddin mengatakan, pihaknya sementara mendatangkan bawang putih sebanyak 20 ton dari Surabaya. Pekan ini, rencananya sudah tiba di Sultra. “Bawang putih yang kami datangkan ini akan dipasarkan dalam dua bentuk. Yakni melalui Rumah Pangan Kita (RPK) dan pasar murah yang dilaksanakan Disperindag sebelum ramadan dan lebaran. RPK merupakan toko dan kios yang memasarkan produk Bulog melalui perjanjian kerjasama,” ungkap Laode Amijaya, Kamis (18/5).

Kata dia, bawang putih yang dipasarkan melalui RPK dapat menyentuh beberapa kabupaten/kota yang ada di Sultra. Saat ini toko dan kios yang sudah bekerjasama dengan Bulog tersebar di Baubau, Muna, Wakatobi, Butur, Konawe, Konsel, Bombana, Kolaka dan Kendari.

“Totalnya ada 260 RPK yang tersebar di sembilan kabupaten/kota. Sebenarnya kami berharap toko dan kios yang memasarkan produk Bulog bisa tersebar di 17 kabupaten/kota. Dengan demikian, produk Bulog yang dipasarkan dengan harga murah bisa dijangkau masyarakat,” jelasnya.

Dia menambahkan, saat ini pihaknya sementara menunggu jadwal resmi dari Disperindag Sultra untuk menggelar pasar murah. Namun menurut informasi, pasar murah akan dilaksanakan dua kali, yakni sepekan sebelum memasuki bulan ramadan dan seminggu sebelum lebaran. “Kendati demikian harga Rp 35-40 ribu per kg berlaku sama, baik di RPK maupun saat pasar murah nanti,” tutupnya.

Dibeberapa pasar di Kota Kendari, harga bawang perkilonya mencapai Rp 50 ribuan. Diprediksi, jelang ramadan harganya akan melonjak. Itulah yang akan diantisipasi Bulog Sultra. (b/myu)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
To Top