Serapan Minim, DPRD Sultra Nilai SKPD Lemah Diperencanaan – Kendari Pos Online
Iklan DPRD Koni Sultra
Sulawesi Tenggara

Serapan Minim, DPRD Sultra Nilai SKPD Lemah Diperencanaan

Rasyid

KENDARIPOS.CO.ID— Rendahnya serapan anggaran di sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemprov menjadi perhatian DPRD Sultra. Di triwulan kedua ini, progres serapan anggaran masih berada di tren 16,8 persen. DPRD Sultra bisa memaklumi jika alasan minimnya serapan karena dipicu proses pencairan anggaran. Namun jika sampai progresnya masih rendah di triwulan kedua maka patut dipertanyakan.

Anggota DPRD Sultra, Rasyid mengatakan biasanya kendala yang dialami hingga penyerapan anggaran rendah disebabkan dua hal yakni terkait pencairan anggaran dan perencanaan. “Biasanya kalau serapan anggaran rendah itu kalau bukan soal perencanaan yang tidak matang, ya soal pencairan anggaran yang mengalami kendala,” ujar Wakil Ketua Komisi II itu, Rabu (17/5).

Legislator asal PKS itu menambahkan dalam waktu dekat akan melakukan klarifikasi kepada BPKAD untuk mengetahui penyebab rendahnya penyerapan pada triwulan dua ini. “Usai reses kita akan panggil Bappeda terkait perencanaan kegiatan. Selain itu, kita juga akan panggil BPKAD terkait dengan proses pencairan anggaran,” ungkapnya.

Sementara, Ketua Komisi I DPRD Sultra, Taufan Alam mengaku kaget dengan rendahnya serapan anggaran. Padahal DPRD dan dinas terkait kerap melakukan rapat dengar pendapat (RDP) untuk membahas dan mengatasi persoalan penyerapan anggaran. “Kita sudah melakukan RDP setiap Senin dan Selasa. RDP itu untuk melakukan evaluasi dalam penyerapan anggaran,” tuturnya.

Menurut anggota Banggar DPRD Sultra ini, RDP yang dilakukan untuk mengetahui progres yang dilakukan pemerintah. “Supaya kami bisa tahu apa yang sudah dan apa yang belum direalisasikan. Kita lakukan itu mengingat sudah masuk triwulan kedua dan menyangkut hajat hidup orang banyak,” tukas Taufan Alam. (yog/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
To Top