Pompa PDAM Rusak, Dua Kecamatan di Kendari Tak Dapat Air Bersih – Kendari Pos Online
Jalan Sehat

pariwara
Iklan Jalan Sehat Kenpos Iklan 10 Iklan 23
Metro Kendari

Pompa PDAM Rusak, Dua Kecamatan di Kendari Tak Dapat Air Bersih

kendaripos.fajar.co.id — Banjir yang melanda Kota Kendari tak hanya menyisakan korban di Kali Wanggu, tetapi juga berdampak pada pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Anoa Kendari. Pelanggan di Kecamatan Wua-Wua dan Baruga kini kesulitan mendapatkan air bersih. Sejak Senin lalu, distribusi air di dua wilayah itu terhenti. Pelanggan menyiasati dengan membeli air untuk kebutuhan sehari-hari.

Kepala Bidang Teknik PDAM, Ruslan Hamsin mengatakan dua pompa air milik PDAM saat ini dalam kondisi rusak akibat banjir beberapa waktu lalu. “Memang ada gangguan. Booster pump atau pompa air dorong kami di kali Wanggu rusak karena terendam sehingga untuk wilayah Baruga belum bisa dilayani,” ujar Ruslan Hamsin di ruang kerjanya, Rabu (17/5) kemarin.

Tercatat, ada sekitar 700 pelanggan PDAM untuk unit Wanggu. Diupayakan selambat-lambat Minggu nanti sudah akan diperbaiki agar masyarakat dapat segera terlayani mendapatkan air bersih. “Harus dibersihkan dulu mesinnya karena ada lumpurnya,” tambah Ruslan.

Sementara itu, untuk Kecamatan Wua-Wua, juga mengalami kerusakan booster pump. Hanya saja, air dari sumber baru di Sungai Pohara masih tetap bisa dilanjutkan ke rumah warga meskipun hanya bagi mereka yang ada di tempat rendah. “Kalau yang tinggal di ketinggian airnya tidak bisa naik karena mesin penekan rusak. Kami masih memperbaiki,” ungkap Ruslan.

Jumlah pelanggan di Wua-Wua tak lebih banyak dari pelanggan di Unit Wanggu. Sebagai langkah penanganan sementara, PDAM menyiapkan dua mobil tangki yang siap melayani kebutuhan air warga secara gratis. “Tetapi itu tetap terbatas karena maksimal satu tangki hanya bisa satu lingkungan, jadi kita sesuai kebutuhan saja,” katanya.

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan layanan air menggunakan mobil tangki tersebut, bisa dengan melapor ke PDAM untuk segera diantarkan. “Silahkan hubungi saja. Meski terbatas kita tetap berupaya maksimal agar kebutuhan air bersih warga bisa terlayani,” tandasnya. (Alfin)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top