OMG ! 12 Kecamatan di Konawe Utara Rawan Longsor dan Banjir – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Konawe Utara

OMG ! 12 Kecamatan di Konawe Utara Rawan Longsor dan Banjir

kendaripos.fajar.co.id — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konawe Utara (Konut) mengidentifikasi, ada 12 kecamatan di wilayah tersebut yang masuk dalam titik rawan bencana longsor dan banjir. Kondisi itu diperparah dengan cuaca yang tidak bersahabat akhir-akhir ini. “Dari semua kecamatan yang ada di Konut, hanya Lasolo Kepulauan yang aman dari ancaman banjir. Karena mereka berada di wilayah pesisir,” ujar Kepala BPBD Konut, Raga L, Rabu (17/5).

12 kecamatan yang dimaksud adalah Motui, Sawa, Lembo, Wawolesea, Lasolo, Molawe, Andowia, Asera, Oheo, Landawe, Wiwirano dan Langgikima. Penyebab titik rawan banjir disebabkan karena wilayah tersebut memiliki sungai yang menjadi penyebab meluapnya air hingga ke pemukiman padat penduduk. “Titik banjir dan longsor terbanyak berada di wilayah Kecamatan Andowia dan Asera. Itu penyebabnya terdapatnya sungai Lasolo dan beberapa sungai kecil pada dua wilayah tersebut,” jelas Raga L.

Dalam kondisi cuaca saat ini, pihak BPBD Konut telah menempatkan tiga posko pengaduan bencana. Mulai dari Posko Lasolo-Motui, Andowia-Asera dan di Landawe-Langgikima. Hasil koordinasi dengan BMKG, bulan Mei hingga Juli nanti hujan masih akan mengguyur Konut. Sehingga antisipasi yang bisa dilakukan dengan bencana alam itu menyiagakan seluruh peralatan yang dimiliki BPBD.

“Kondisi hujan seperti ini masyarakat memang sudah mengantisipasi. Karena pasti bawaannya banjir. Sebenarnya untuk menghindari banjir harus dilakukan normalisasi sungai atau pembangunan talud. Seperti di Andowia itu perlu dilakukan. Meski banjir tapi airnya tidak akan meluap. Begitupun juga sungai-sungai yang ada dibeberapa kecamatan pada wilayah Konut,” tandasnya. (b/min)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top