Satpol PP Bongkar Kios Pedagang yang Berdiri di Sempadan Jalan – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Metro Kendari

Satpol PP Bongkar Kios Pedagang yang Berdiri di Sempadan Jalan

Suasana pembongkaran kios di sempadan jalan. Foto : Angga/Kendari Pos.

kendaripos.fajar.co.id — Tidak maksimalnya drainase ditengarai menjadi salah satu pemicu banjir di Kota Kendari. Amatan dinas terkait menjamurnya usaha masyarakat yang mendirikan kios diatas drainase menyebabkan air tidak mengalir dengan baik. Untuk itu, Satuan Polisi Pamong Praja Kota Kendari kembali turun ke jalan dan menertibkan sejumlah kios yang didirikan diatas drainase. Kios-kios sekitar Bundaran Tank di Anduonohu menjadi sasaran penertiban Satpol PP. Sebab, banjir beberapa hari lalu menggenangi empat ruas jalan di sekitar bundaran itu.

Puluhan lapak dan kios dagangan terpaksa dirobohkan Satpol PP. Pantauan koran ini, ada beberapa pedagang yang turut membongkar bangunannya. Penertiban tersebut merupakan langkah terakhir yang diambil oleh Pol PP setelah melayangkan surat teguran kepada para pedagang.

Kepala Satpol Kota Kendari, Amir Hasan mengatakan penertiban yang dilakukan sebagai upaya mereduksi penyebab banjir. Nantinya, semua kawasan di Kota Kendari akan ditertibkan. Utamanya bagi mereka yang menggunakan drainase sebagai area berdagang. “Kita menyasar seluruh area berdagang yang tidak sesuai ketentuan. Apalagi yang menutupi drainase. Banjir kemarin menjadi peringatan. Terkhusus yang di bundaran tank ini, sebelumnya sudah tiga kali kami beri peringatan. Terakhir, terpaksa kami geser kebelakang seluruh bangunannya,” ujar Amir Hasan disela kesibukkannya mengarahkan anak buahnya melakukan penertiban, Selasa (16/5).

Mantan Camat Kadia tersebut mengungkapkan penertiban kali ini bukan semata-mata karena bencana banjir. Tetapi penertiban aktivitas berdagang yang dilakukan ditempat yang tidak dibenarkan (sempadan jalan). Penertiban itu sudah sesuai perintah Peraturan Daerah Nomor 10 tahun 2015. “Ini bukan saja karena banjir. Memang sudah komitmen kami menertibkan kawasan sempadan jalan,” ungkapnya.

Usai penertiban, Amir Hasan mengaskan akan terus melakukan patroli guna mengawasi seluruh wilayah yang sudah pernah ditertibkan. Itu untuk memastikan pedagang tidak kembali lagi mendirikkan lapak dan kiosnya. “Kita pantau terus. Pengawasan akan kita gencarkan,” tuturnya.
Saat ditertibkan, pedagang disepanjang ruas Jalan Malaka tersebut terlihat pasrah saat kiosnya dibongkar. Terlihat juga pedagang bensin eceran merapikan lapaknya. (p1/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top