OMG! 512 Hektar Pertanian di Konawe Terancam Gagal Panen – Kendari Pos Online
Iklan DPRD Koni Sultra
Konawe

OMG! 512 Hektar Pertanian di Konawe Terancam Gagal Panen

Salah seorang petani di Desa Lalonggawuna yang sawahnya terkena banjir terendam selama tiga hari. Foto : Helson/Kendari Pos.

KENDARIPOS.CO.ID — Akibat hujan yang berkepanjangan beberapa hari lalu, sejumlah lahan pertanian di Kabupaten Konawe terendam banjir. Data sementara Dinas Pertanian Konawe mencatat, ada 512 hektar areal terancam gagal panen (puso). Mayoritas lahan yang terendam yakni padi sawah seluas 406 hektar, jagung 67 hektar, cabai rawit 15 hektar, sayuran 11 hektar, labu 4 hektar, kacang panjang 5 hektar, tomat 2 hektar dan semangka 2 hektar.

Kepala Desa Lalonggawuna, Asmada mewakili warganya mengatakan, padi mereka seluas 33 hektar seharusnya sudah siap panen bulan ini. Namun karena sudah terendam sejak empat hari lalu, maka sangat kecil kemungkinan bisa selamat dari puso. Untuk itu, ia berharap pemerintah dapat turun meninjau langsung dan memberikan bantuan pemulihan. “Mayoritas warga saya itu memang petani, dan sawah seluas 33 hektar itu menghidupi 50 keluarga. Jadi, saya sebagai aparat desa meminta tolong supaya ada solusi yang diberikan pemerintah demi kelangsungan hidup masyarakat Lalonggawuna,” harapnya, Selasa (16/5).

Kepala Bidang Tananam Pangan dan Holtikultural Dinas Pertanian Konawe, Rahmat Nur yang dikonfirmasi mengatakan, saat ini status lahan masih terkena banjir dan belum bisa dikatakan puso. Mereka masih menunggu selama paling lama dua minggu untuk menentukan lahan itu gagal panen atau tidak. Pihaknya terus memantau lahan yang dilaporkan terendam, karena masih ada kemungkinan airnya akan segera surut, sehingga tanamannya dapat terselamatkan.

1 of 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
To Top