Luar Biasa…Pemkab Koltim Realisasikan Beasiswa Prokid – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Kolaka Timur

Luar Biasa…Pemkab Koltim Realisasikan Beasiswa Prokid

kendaripos.fajar.co.id — Pemkab Kolaka Timur (Koltim) meluncurkan beasiswa program kaderisasi dan dai (Prokid) bagi putra dan putri di daerah itu. Bantuan pendidikan tersebut dialokasikan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Bupati Koltim, Tony Herbiansyah mengatakan, pemberian beasiswa Prokid ini sebagai wujud kepedulian pemerintah dalam memajukan Sumber Daya Manusia (SDM) dibidang keagamaan.

“Pemberian subsidi pemerintah ini merupakan bagian dari pembinaan akhlak generasi muda. Anggaran yang dialokasikan berjumlah total Rp 108 juta atau setiap bulannya Rp 9 juta. Penerima beasiswa ini supaya benar-benar memanfaatkannya. Setiap tahun juga Pemkab Koltim akan mengirim dan mensuplai dana di ICM Kendari sebagai tempat menimba ilmu agama,” kata Tony Herbiansyah, Selasa (16/5) saat melepas mahasantri Prokid tahun 2017.

Di tempat yang sama, Kabag Kesra Pemkab Koltim, Ayi Wahyudin menjelaskan, beasiswa program Prokid diperuntukan bagi siswa-siswi pesantren yang ingin melanjutkan pendidikan Islam. Ia merinci, ada 15 orang, terdiri dari 12 pria dan tiga wanita yang saat ini diutus belajar pada Islamic Center Mu’adz Bin Jabal Kendari. Mereka akan diajar menjadi imam, dai dan pendalaman ajaran islam. Selanjutnya diterbangkan ke Mesir selama dua tahun. Semua biaya akan dibebankan kepada APBD Koltim melalui bagian Kesra.

“Peserta program DIII ini diseleksi oleh ICM Kendari dari 12 kecamatan di Koltim. Syarat utamanya harus bisa menghafal surat Yusuf. Kami harap, sepulang dari studi dai dan imam, mereka bisa membantu pemerintah menyiarkan Islam di Koltim. Pemkab Koltim hanya dapat memberikan kontribusi materil. Yang nanti menjadi pelaksana adalah siswa itu sendiri,” jelas Ayi Wahyudin. (c/kus)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top