Baru SK Pelantikan Bupati Mubar yang Diteken Mendagri – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Politik

Baru SK Pelantikan Bupati Mubar yang Diteken Mendagri

kendaripos.fajar.co.id — Pelantikan tiga bupati daerah otonomi baru (DOB) di Sultra sudah pasti 22 Mei mendatang. Hanya saja, hingga Selasa (16/5), baru Surat Keputusan (SK) penetapan kepala daerah terpilih Muna Barat (Mubar) yang tuntas. Sementara Buton Selatan (Busel) dan Buton Tengah(Buteng) masih menunggu tanda tangan Menteri Dalam Negeri (Mendagi), Tjahjo Kumolo.

Hal itu disampaikan Dirjend Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri, Soni Soemarsono. “Kalau pak menteri ada waktu, Rabu (17/5) SK pelantikan dua DOB (Buteng dan Busel) bisa tuntas. Kalaupun tidak, yang pasti sebelum pelantikan 22 Mei nanti pasti sudah tuntas,” ungkap Soni.

Secara umum lanjut dia, proses penandatanganan SK penetapan telah mencapai 75 persen, sisanya tinggalnya tunggu tanda tangan Mendagri saja.  Mantan Plt Gubernur DKI Jakarta mengatakan, untuk 25 persen sisa SK yang belum ditandatangani akan segera dituntaskan dalam waktu dekat. “Kalau sudah ada tanda tangan Mendagri, kemudian diserahkan ke pihak pemerintah provinsi untuk melakukan pelantikan di masing-masing ibu kota provinsi,” katanya.

Kabag Otonomi Daerah, Tomi Indra juga membenarkan terkait kabar tersebut. Dirinya yang kini diutus untuk mengurus SK penetapan mengatakan bahwa SK penetapan kepala daerah di Sultra tengah dalam proses penyelesaian. Tiga kepala daerah di DOB yang telah tuntas SK penetapannya baru Mubar. “Mubar tinggal menunggu perbaikan petikan SK dari pihak Otonomi Daerah. Prinsipnya Mubar sudah selesai,” tuturnya.

Sementara SK penetapan untuk Buteng dan Busel, Tomi mengungkapkan bahwa SK penetapan kepala daerah terpilih hasil Pilkada dua daerah tersebut kini masih dalam tahap proses. “Untuk Buteng dan Busel kini masih di meja Mendagri. SK kedua daerah tersebut masih menunggu tanda tangan Mendagri,” tambahnya. (b/yog/ely)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top