Pj Bupati Buton Minta Pencairan DD dan ADD Dipercepat – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Buton

Pj Bupati Buton Minta Pencairan DD dan ADD Dipercepat

kendaripos.fajar.co.id — Berbagai program desa yang ada di Kabupaten Buton sampai kini belum berjalan. Itu karena Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) semester I belum juga cair, padahal saat ini telah memasuki triwulan kedua 2017. Kondisi tersebut memengaruhi lesunya perputaran ekonomi di masyarakat. Makanya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton mendesak agar pencairan DD dan ADD dipercepat.

“Segera tuntaskan kelengkapan administrasinya agar bisa cair dan program desa dapat dijalankan sehingga uang beredar di masyarakat. Saya minta pada Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Buton segera memaksimalkan hal ini,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Buton, La Bakry saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (15/5).

Ia menjelaskan, total DD dan ADD Kabupaten Buton sebesar Rp 110 miliar. Jika semua itu beredar sesuai tahapannya, maka perputaran ekonomi dalam desa dapat meningkat. Karena program desa akan berjalan dan penghasilan masyarakat juga meningkat sehingga dapat mendorong daya jual beli. “Jumlah desa di Buton sebanyak 83. Dengan total DD dan ADD sebanyak Rp 110 miliar, maka setiap desa mendapatkan kucuran dana sekitar Rp 1,3 miliar. Semua itu bisa menghidupkan perputaran ekonomi desa,” sambungnya.

Meski pihaknya menginginkan pencairan DD dan ADD tersebut dipercepat, namun Wakil Bupati Buton itu meminta, agar BPMD dapat mencairkannya sesuai ketentuan yang ada. Berbagai kebutuhan adminstrasi harus diperhatikan dengan baik. Agar tidak menjadi soal dikemudian hari. “Kita tidak inginkan ada kesalahan adminstrasi yang nantinya bisa membuat para Kepala Desa bisa berurusan dengan hukum. Makanya, seluruh administrasi harus dipastikan dulu kelengkapanya, baru anggaran dicairkan,” imbuhnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas BPMD Kabupaten Buton, Alimin mengungkapkan, pencairan DD dan ADD semester satu 2017 memang terlambat. Itu dikarenakan, belum rampungnya Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) penggunaan anggaran oleh para kepala desa di Buton. “Makanya, fokus kami selama ini, menggenjot agar secepatnya bisa diselesaikan. Tetapi, insyaallah dalam waktu dekat ini segera dicairkan. Kita targetkan awal pekan depan sudah dapat tersalurkan. Karena progres perampungan LPJ 83 desa yang ada dan mencapai 80 persen,” ujarnya saat dihubungi, kemarin. (c/ahi)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top